Pemodelan bangkitan dan tarikan (trip generation) pada kawasan pendidikan (studi kasus : sekolah jalan Bandung Kota Malang) / Aprilia Linda Subowo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemodelan bangkitan dan tarikan (trip generation) pada kawasan pendidikan (studi kasus : sekolah jalan Bandung Kota Malang) / Aprilia Linda Subowo</p>

Subowo, Aprilia Linda (2025) Pemodelan bangkitan dan tarikan (trip generation) pada kawasan pendidikan (studi kasus : sekolah jalan Bandung Kota Malang) / Aprilia Linda Subowo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SUBOWO APRILIA LINDA 2025. Pemodelan Bangkitan Dan Tarikan Pada Kawasan Pendidikan (Studi Kasus Sekolah Jalan Bandung Kota Malang) Tesis. Departemen Teknik Sipil Dan Perencanaan. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. Henri Siswanto M.T (II) Dr. Ir. Dwi Siswahyudi M.T. Kata kunci bangkitan dan tarikan perjalanan kawasan pendidikan regresi linier berganda. Pesatnya urbanisasi berdampak pada meningkatnya mobilitas masyarakat termasuk di sektor pendidikan. Perjalanan siswa dari dan ke sekolah menjadi bagian signifikan dalam pola pergerakan harian terutama pada pagi dan sore hari sehingga menimbulkan bangkitan dan tarikan perjalanan (trip generation). Sekolah menjadi pusat aktivitas transportasi khususnya di kawasan padat seperti Jalan Bandung Kota Malang yang menaungi tiga institusi besar MIN 1 MTsN 1 dan MAN 2. Tingginya volume kendaraan pribadi dan angkutan umum di sekitar sekolah memicu kemacetan yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Kondisi ini menegaskan perlunya manajemen lalu lintas dan penyediaan infrastruktur transportasi yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan karakteristik responden 2) membuat model bangkitan dan tarikan pada kawasan pendidikan (studi kasus sekolah jalan bandung kota malang) Penelitian ini diawali dengan studi literatur untuk menghimpun informasi yang relevan mengenai model bangkitan dan tarikan perjalanan. Selanjutnya dilakukan identifikasi permasalahan guna merumuskan isu-isu lapangan secara sistematis. Data yang digunakan terdiri atas data primer yang diperoleh melalui survei terhadap siswa dan data sekunder yang dikumpulkan dari instansi terkait. Seluruh data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda untuk mengkaji hubungan antar variabel yang memengaruhi pola perjalanan yaitu variabel Karakteristik Perjalanan Kondisi Lalu Lintas Kawasan Sekolah dan Aktivitas Tambahan Setelah Sekolah. Dari Hasil penelitian ini diperoleh 1) Karakteristik Responden Sebanyak 368 siswa dari MIN 1 MTsN 1 dan MAN 2 Kota Malang menunjukkan pola perjalanan lebih dari satu kali dengan jarak tempuh yang relatif jauh. Banyak siswa menggunakan moda transportasi mencerminkan mobilitas yang cukup tinggi. 2) Hasil regresi menunjukkan bahwa variabel Karakteristik Perjalanan (X1) Kondisi Lalu Lintas (X2) dan Aktivitas Tambahan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap bangkitan dan tarikan perjalanan (Y) dengan X1 sebagai faktor dominan ( beta 0 694). Model terbaik yang diperoleh yaitu Y 0 079 0 271X1 0 141X2 0 122X3 dengan nilai determinasi R sup2 0 636.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S2 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390726

Actions (login required)

View Item View Item