Penerapan pembelajaran dengan media buku ajar untuk menin gkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-5 SMAN ! Sooko Mojokerto semester genap tahun pelajaran 2011/2012 / Prisma Intaniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan media buku ajar untuk menin gkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-5 SMAN ! Sooko Mojokerto semester genap tahun pelajaran 2011/2012 / Prisma Intaniyah

Intaniyah, Prisma (2012) Penerapan pembelajaran dengan media buku ajar untuk menin gkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-5 SMAN ! Sooko Mojokerto semester genap tahun pelajaran 2011/2012 / Prisma Intaniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Buku Ajar Ekonomi Hasil Belajar Pembaharuan di bidang pendidikan ini sebenarnya dimulai dari perubahan behaviorisme (aliran pendidikan) yang diwujudkan dengan pembelajaran yang bersifat teacher centered (berpusat pada guru) dengan pandangan konstruktivisme. Berkaitan dengan perubahan paradigma guru dalam proses belajar mengajar guru perlu menerapkan pembelajaran inovatif yang mampu dan memperkaya pengalaman belajar sehingga aktivitas siswa dalam belajar akan meningkat akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran ekonomi. Buku ajar yaitu buku teks yang digunakan sebagai rujukan standard pada mata pelajaran tertentu yang disusun sistematis dan sederhana disertai petunjuk pembelajaran. Isi buku ajar yang disampaikan dalam bentuk ide fakta data dan makna secara tertulis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Dengan mengambil tindakan pada satu kelas yakni kelas X-5 dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 perempuan dan 14 laki- laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMAN 1 Sooko Mojokerto semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada materi indeks harga dan inflasi. Penelitian dilaksanakan selama bulan Februari sampai Maret 2012. Instrumen penelitian berupa lembar observasi afektif siswa lembar observasi aktivitas guru pre tes dan pos tes lembar wawancara guru lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dideskripsikan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X-5 pada siklus ke II mengalami peningkatan yang signifikan pada aspek belajar kognitif dan aspek afektif dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa X-5 meningkat mencapai skor klasikal kelas yakni 85% dengan nilai SKBM adalah 75 untuk nilai mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian tentang penggunaan media buku ajar pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan media buku ajar sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39071

Actions (login required)

View Item View Item