Putri, Dwi Yanuarindah (2012) Studi terhadap minat belajar ekonomi di SMA Negeri 2 Batu / Dwi Yanuarindah Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Minat Belajar Siswa. Minat merupakan sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang ingin dilakukan ketika seseorang diberikan kebebasan untuk memilih. Minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi merupakan suatu kecenderungan siswa untuk selalu meningat dan memperhatikan materi yang sedang diajarkan. Kegiatan belajar mengajar akan mudah diikuti apabila seorang siswa memiliki dorongan dari dalam dirinya yaitu minat terhadap mata pelajaran tertentu begitu juga terhadap mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui keadaan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu. Informan atau responden dalam penelitian ini yaitu beberapa siswa kelas XI IPS peneliti mengambil delapan informan dan satu guru ekonomi kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat induktif. Dari penelitian ini didapatkan bahwa minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi tergolong rendah. Hal tersebut terlihat pada sikap siswa pada saat siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Seringkali siswa bersikap tidak peduli pada guru dan materi yang sedang diajarkan. Kesadaran siswa akan tujuan dan manfaat yang diperoleh dalam mempelajari ekonomi masih belum mereka pahami. Didapatkan pula faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada materi ekonomi dikarenakan beberapa faktor antara lain hal yang timbul dari siswa itu sendiri yaitu berupa kurangnya motivasi dalam diri siswa dan belum memahami tujuan dan manfaat mempelajari ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) bagi guru yaitu guru sebaiknya memberikan pemahaman kepada siswa mengenai tujuan dan manfaat mempelajari ekonomi dan bisa menjadi seorang guru yang menyampaikan materi dengan metode yang lebih menarik kemudian (2) bagi siswa yaitu siswa seharusnya mengubah sikap dan pola pikir terhadap mata pelajaran ekonomi. Tanpa adanya usaha dari siswa untuk mengubah maka usaha yang dilakukan oleh guru juga akan kurang maksimal siswa bisa lebih bersikap aktif saat pembelajaran berlangsung dan siswa juga bisa memberika masukan pada guru mengenai metode pembelajaran yang diinginkan siswa sehingga guru bisa menyesuaikan dengan siswa dan siswa juga akan lebih berminat ketika mengikuti proses belajar mengajar ketika guru menyampaikan materi dengan metode yang diinginkan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39069 |
Actions (login required)
View Item |