Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan persepsi lingkungan sosial, teman terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAK Frateran Malang / Rossa Reina Inggita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan persepsi lingkungan sosial, teman terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAK Frateran Malang / Rossa Reina Inggita

Inggita, Rossa Reina (2012) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan persepsi lingkungan sosial, teman terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAK Frateran Malang / Rossa Reina Inggita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Orang Tua Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Persepsi Lingkungan Sosial Teman Sebaya Rasionalitas Ekonomi. Status sosial ekonomi orang tua menentukan tingkat keragaman pengalaman dalam kehidupan ekonomi siswa dan mencerminkan aplikasi dalam kehidupan sosial. Sebagai bukti pemahaman akan pengetahuan ekonomi melalui pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi di sekolah siswa memiliki kecakapan di bidang ekonomi dan siswa mampu menjadi pelaku ekonomi yang rasional. Persepsi teman sebaya terhadap lingkungan sosial dengan berbagai pengalaman yang diperoleh dari lingkungan keluarga masing-masing dapat mempengaruhi perilaku konsumtif mereka.. Faktor yang terpenting dalam mempengaruhi perilaku konsumtif diantara teman sebaya adalah lingkungan status sosial ekonomi orangtua. Mengingat begitu kompleksnya hubungan antara status sosial ekonomi hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan persepsi lingkungan sosial teman sebaya mempengaruhi perilaku rasional ekonomi maka perlu diadakan penelitian dengan judul tentang Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Persepsi Lingkungan Sosial Teman Sebaya terhadap Rasionalitas Ekonomi . Permasalahan dalam judul skripsi ini merupakan tujuan dalam penelitan yaitu Untuk membuktikan apakah status sosial orang tua m hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan persepsi lingkungan sosial teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap Rasionalitas Ekonomi siswa kelas XI SMAK Frateran Malang baik secara partial maupun simultan. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMAK Frateran Tahun Pelajaran 2011-2012 jurusan Ilmu Sosial sebanyak 112 orang. Penentuan jumlah sampel dengan menggunaan teknik random sampling dan jumlah sampel yang diambil adalah 33% dari 112 orang siswa. Sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 37 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Status Sosial Ekonomi Orang Tua (X1) mempunyai nilai signifikan sebesar 0 040 0 05 Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi (X2) mempunyai nilai signifikan sebesar 0 025 0 05 dan Persepsi Lingkungan Sosial Teman Sebaya (X3) mempunyai nilai signifikan sebesar 0 019 0 05. Dari ketiga variabel memiliki nilai signifikan kurang dari 0 05 berarti ketiga variabel tersebut (status sosial ekonomi oran tua(X1) hasil belajar mata pelajaran ekonomi (X2) dan Persepsi Lingkungan Sosial Teman Sebaya (X3) ) secara parsial berpengaruh terhadap Rasionalitas Ekonomi. Sehingga Ha yang berbunyi Ada pengaruh yang signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua Hasil Belajar Mata Pelajaran Sekonomi dan Persepsi Lingkungan Sosial Teman Sebaya secara parsial berpengaruh terhadap Rasionalitas Ekonomi diterima. Secara simultan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa Fhitung Ftabel (1 938 1 69) dengan tingkat signifikan sebesar 0 022 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya secara simultan Status Sosial Ekonomi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dan Persepsi Lingkungan Sosial Teman Sebaya berpengaruh terhadap Rasionalitas Ekonomi (Y). Sehingga Ha yang berbunyi Ada pengaruh yang signifikan antara Status Sosial Ekonomi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dan Persepsi Lingkungan Sosial Teman Sebaya terhadap Rasionalitas Ekonomi (Y) secara simultan terhadap Rasionalitas Ekonomi diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39068

Actions (login required)

View Item View Item