Hidayati, Nurul Laily (2012) Pengaruh cara, kebiasaan, dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepanjen / Nurul Laily Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci cara belajar kebiasaan belajar gaya belajar dan hasil belajar. Cara belajar siswa merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa pada situasi belajar tertentu dimana kegiatan-kegiatan tersebut mencerminkan usaha belajar yang dilakukan oleh siswa. Kebiasaan belajar dapat diartikan suatu bentuk perilaku yang dilakukan secara terus-menerus oleh individu untuk mendapatkan sesuatu hal yang baru baik berupa pengetahuan ketrampilan maupun sikap dan nilai positif. Gaya belajar merupakan cara yang digunakan secara terus menerus oleh siswa dalam menerima mengatur dan mengolah informasi. Hasil belajar merupakan gambaran kemampuan siswa dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasinya adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepanjen yang berjumlah 83 siswa dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 69 siswa berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini antara lain cara belajar (X1) kebiasaan belajar (X2) gaya belajar (X3) dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengaruh cara belajar siswa (X1) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05 berarti cara belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (2) Pengaruh kebiasaan belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 001 945 0 05 berarti kebiasaan belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (3) Pengaruh gaya belajar siswa (X3) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi 0 000 945 0 05 berarti gaya belaajr siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (4) Pengaruh cara (X1) kebiasaan (X2) dan gaya belajar siswa (X3) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y) diperoleh nilai signifikansi melalui uji simultan (uji F) sebesar 0 000 945 0 05 hal ini berarati cara kebiasaan dan gaya belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepanjen. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru ekonomi hendaknya menggunakan media tulisan atau power poin karena kebanyakan siswa memiliki gaya belajar visual (2) Bagi sekolah hendaknya mengelola dan memanfaatkan dengan baik komputer dan LCD yang ada di dalam kelas (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas subvariabel dari cara belajar seperti faktor-faktor yang mempengaruhi cara belajar siswa serta kebiasaan baik dan buruk siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39067 |
Actions (login required)
View Item |