Pengaruh digital transformation terhadap business performance UKM keripik tempe di kampung Sanan: marketing strategy dan business innovation sebagai variabel mediasi / Heida Ifkari Safitri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh digital transformation terhadap business performance UKM keripik tempe di kampung Sanan: marketing strategy dan business innovation sebagai variabel mediasi / Heida Ifkari Safitri</p>

Safitri, Heida Ifkari (2025) Pengaruh digital transformation terhadap business performance UKM keripik tempe di kampung Sanan: marketing strategy dan business innovation sebagai variabel mediasi / Heida Ifkari Safitri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja usaha dengan pertumbuhan yang memadai selalu menjadi tujuan penerapan berbagai strategi bisnis termasuk didalamnya adalah para pengusaha kelompok UKM. Tidak sedikit dalam bidang ini manajemen berusaha mengikuti perkembangan tantangan kompetisinya dengan melakukan adaptasi teknologi maupun pengembangan inovasi di dalam bisnisnya agar dapat bertahan bahkan tumbuh secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh digital transformation terhadap business performance melalui marketing strategy dan business innovation sebagai variabel mediasi. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif kausalitas dan bersifat ex pose facto explanatory Lokasi penelitian adalah Kampung Sanan Kota Malang. Penggalian data menggunakan instrumen angket tertutup menggunakan skala likert 5 pilihan dengan dilengkapi observasi dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah para pelaku UKM Keripik tempe Sanan Kota Malang. UKM di Kampung Sanan ini dipilih dengan pertimbangan bahwa kontribusi usaha ini sangat berarti bagi pertumbuhan perekonomian lokal namun dalam rekam jejak terakhir ini kinerjanya sangat fluktuatif bahkan cenderung turun. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS 3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital transformation berpengaruh terhadap business performance marketing strategy dan business innovation. Selain itu marketing strategy dan business innovation berpengaruh terhadap business performance serta terdapat pengaruh tidak langsung dari digital transformation berpengaruh terhadap business performance melalui marketing strategy dan business innovation. Hal ini menunjukkan bahwa transformasi digital bukan hanya tentang penggunaan teknologi tetapi juga merupakan strategi penting untuk meningkatkan daya saing pemasaran dan inovasi dalam menjalankan bisnis. Selain itu para pelaku UKM di Kampung Sanan juga menonjolkan nilai-nilai social entrepreneurship dengan tetap memberdayakan masyarakat sekitar sehingga bisnis tidak hanya berorientasi pada keuntungan tetapi juga pada dampak sosial yang berkelanjutan. Implikasi penelitian ini memberikan gambaran yang jelas bagi pelaku UKM tentang pentingnya adopsi teknologi digital dalam menjalankan usaha. Transformasi digital terbukti dapat meningkatkan inovasi bisnis serta memperkuat strategi pemasaran yang berdampak pada peningkatan performa usaha. Oleh karena itu pelaku UKM perlu mulai atau terus memanfaatkan platform digital seperti media sosial e-commerce dan sistem pembayaran digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu penting bagi pelaku usaha untuk terus menciptakan inovasi baik dalam bentuk produk maupun proses bisnis agar dapat bersaing di era yang semakin kompetitif. Pemerintah daerah atau instansi terkait juga dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk merancang pelatihan atau program pendampingan digitalisasi dan inovasi bagi para pelaku UKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390653

Actions (login required)

View Item View Item