Fadilla, Dian (2025) Peran tourist attraction dan destination image dalam memediasi pengaruh social media marketing terhadap tourist visit decisions pada destinasi eduwisata di Kota Malang / Dian Fadilla</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pertumbuhan pariwisata yang pesat saat ini haruslah didukung dengan literasi teknologi yang memadai terutama pihak pengelola dan manajemen. Dalam beberapa tahun terakhir promosi digital telah menjadi salah satu strategi utama dalam industri pariwisata. Selain mendapatkan referensi destinasi wisata dari orang terdekat atau saudara referensi wisata juga bisa didapatkan dari media sosial. Tujuan peneltian ini adalah mengeksplorasi dan menguji peran tourist attraction dan destination image dalam memediasi pengaruh social media marketing terhadap keputusan kunjungan wisatawan ke destinasi eduwisata perkotaan. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif kausal komparatif atau ex-post facto. Lokasi penelitian adalah destinasi eduwisata perkotaan yang meliputi Glintung Water Street Kampoeng Heritage Kajoetangan dan Kampung Tempe Sanan. Kampung tematik tersebut termasuk dalam eduwisata yang memiliki ciri khas masing-masing juga bukan hanya sebagai tempat liburan tetapi memberikan edukasi kepada pengunjungnya sehingga menjadi nilai tambah sebagai suatu wisata. Pengumpulan data dilakukan dengan obervasi penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap tourist attraction destination image dan tourist visit decisions. Selain itu tourist attraction dan destination image juga terbukti berpengaruh langsung terhadap tourist visit decisions. Social media marketing juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan kunjungan melalui peran mediasi tourist attraction dan destination image. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial tidak hanya efektif sebagai media promosi tetapi juga memainkan peran strategis dalam membentuk citra destinasi dan persepsi daya tarik wisata. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya strategi konten yang relevan kreatif dan sesuai tren digital dalam pemasaran pariwisata. Pengelola destinasi eduwisata diharapkan dapat terus mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi yang kuat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperkuat keberlanjutannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |