Penerapan model pembelajaran role playing dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Durenan / Raras Pramesty - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Durenan / Raras Pramesty

Pramesty, Raras (2012) Penerapan model pembelajaran role playing dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Durenan / Raras Pramesty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Role Playing Aktivitas Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal yang dilakukan pada tanggal 29 Februari 2012 dengan guru Ekonomi kelas X-6 SMA Negeri 1 Durenan diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih didominasi guru atau teacher oriented dari pada student-oriented. Selain itu permasalahan yang terjadi adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran masih banyak siswa yang tidak menyelesaikan tugas dengan tepat hasil belajar yang dicapai masih rendah atau masih dibawah SKM. Dengan adanya penggunaan metode yang tepat proses belajar mengajar yang diharapkan dapat memperoleh hasil yang memuaskan dapat mencapai tujuan pembelajaran dan mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Durenan (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Durenan setelah penerapan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran ekonomi (3) dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Durenan setelah penerapan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan pokok bahasan Uang dan Perbankan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Durenan yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes Catatan lapangan dan Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kegiatan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama prosentase keterlaksanaan pembelajaran model role palying yang dilakukan oleh guru pada siklus I sebesar 72 32% dan pada siklus II sebesar 85 71%. Dengan demikian terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 13 39%. Kedua untuk variabel aktivitas belajar siswa diketahui terjadi peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari tiga aspek yang dinilai yaitu aspek keaktifan siswa aspek partisipasi siswa dan aspek kepatuhan siswa dalam mengerjakan soal yang mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus II. Pada siklus I rata-rata nilainya sebesar 56 08% dan meningkat menjadi sebesar 78 98% pada siklus II. Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 22 9%. Ketiga hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I prosentase ketuntasan sebesar 55% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa. Pada siklus II prosentase ketuntasan sebesar 80% dengan siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa. Ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Durenan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39065

Actions (login required)

View Item View Item