Pengaruh e-recruitment dan karakteristik pekerjaan terhadap minat melamar kerja dengan reputasi perusahaan sebagai variabel mediasi (studi kasus pada fresh graduate perguruan tinggi di Kota Malang) / Ida Farida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh e-recruitment dan karakteristik pekerjaan terhadap minat melamar kerja dengan reputasi perusahaan sebagai variabel mediasi (studi kasus pada fresh graduate perguruan tinggi di Kota Malang) / Ida Farida</p>

Farida, Ida (2025) Pengaruh e-recruitment dan karakteristik pekerjaan terhadap minat melamar kerja dengan reputasi perusahaan sebagai variabel mediasi (studi kasus pada fresh graduate perguruan tinggi di Kota Malang) / Ida Farida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Farida Ida. 2024. Pengaruh E-recruitment dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Minat Melamar Kerja dengan Reputasi Perusahaan sebagai Variabel Mediasi studi kasus pada fresh graduate perguruan tinggi kota Malang. Tesis Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto Wahju Wardhana M.A. M.Si (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Saat ini teknologi sudah sangat berkembang semua orang bisa mendapatkan berbagai macam informasi melalui platform media online yang tersedia. Termasuk informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dapat dengan mudah diakses oleh seluruh pencari kerja yang terhubung dengan internet. Minat melamar kerja merupakan keinginan calon karyawan untuk bekerja pada suatu perusahaan tujuannya adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan mempertimbangkan segala aspek dari perusahaan yang dilamarnya seperti proses recruitment karakteristik pekerjaan yang tertera serta reputasi perusahaan nya seperti apa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-recruitment terhadap minat melamar kerja pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap minat melamar kerja pengaruh e-recruitment terhadap reputasi perusahaan pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap reputasi perusahaan pengaruh reputasi perusahaan terhadap minat melamar kerja pengaruh e-recruitment terhadap minat melamar kerja melalui reputasi perusahaan dan pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap minat melamar kerja melalui reputasi perusahaan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan eksplanatori. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah fresh graduate perguruan tinggi di kota Malang yang tahun lulus 2022 jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 380 responden. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 4.1.0.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) E-recruitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antar karakteristik pekerjaan terhadap minat melamar kerja 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-recruitment terhadap reputasi perusahaan 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara karakteristik pekerjaan terhadap reputasi perusahaan 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara reputasi perusahaan terhadap minat melamar kerja 6) reputasi perusahaan tidak mampu memediasi secara langsung antara variabel e- recruitment terhadap minat melamar kerja 7) reputasi perusahaan mampu memediasi secara langsung positif dan signifikan antara karakteristik pekerjaan terhadap minat melamar kerja. Saran pada penelitian ini bagi perusahaan diharapkan mampu untuk mengembangkan sistem e-recruitment yang ramah pengguna informatif dan menarik bagi perguruan tinggi perlu menjalin kerja sama dengan perusahaan untuk menyediakan program magang seminar karier atau rekrutmen di kampus sehingga lulusan memiliki akses langsung terhadap informasi peluang kerja bagi fresh graduate disarankan untuk memanfaatkan berbagai platform e-recruitment secara proaktif dan membangun profil profesional yang menarik di media sosial seperti LinkedIn dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi variabel lain yang berpotensi memengaruhi minat melamar kerja seperti budaya organisasi teknologi AI dalam e-recruitment atau faktor psikologis calon pelamar.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390649

Actions (login required)

View Item View Item