Nahdi, Moehammad Robith (2025) Strategi pemasaran berbasis kemitraan desa wisata dalam mendorong pertumbuhan UMKM di desa wisata adat Osing Kemiren Banyuwangi / Moehammad Robith Nahdi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembangunan desa wisata merupakan pendekatan strategis untuk pembangunan berkelanjutan yang didasarkan pada potensi lokal. Keberadaan desa wisata tidak hanya berfungsi sebagai destinasi wisata tetapi juga sebagai sarana pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat terutama melalui peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun banyak desa wisata di Indonesia menghadapi tantangan dalam manajemen dan promosi kurang terkoordinasi dan minim partisipasi pemangku kepentingan. Akibatnya banyak desa wisata mengalami stagnasi atau bahkan penurunan kunjungan wisatawan meskipun memiliki potensi yang besar dalam hal budaya dan keindahan alam. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran berbasis kemitraan dalam pengembangan Desa Wisata Adat Osing Kemiren di Kabupaten Banyuwangi yang telah memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian lokal. Oleh karena itu studi ini bermanfaat dalam memberikan wawasan tentang strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian publik bagi desa wisata lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui teknik pengumpulan data wawancara observasi dan dokumentasi. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dipilih karena mampu menggambarkan secara mendalam tentang dinamika yang terjadi dalam praktik kemitraan pemasaran di Desa Wisata Adat Osing Kemiren. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi pengalaman strategi serta pola interaksi antar pihak yang terlibat dalam pengembangan desa wisata Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan yang melibatkan pemerintah daerah Pokdarwis/BUMDes Akademisi mitra industri dan media mampu menciptakan sinergi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran kolaboratif ini terbukti meningkatkan daya tarik wisata memperluas jangkauan promosi mendorong kunjungan wisatawan ke desa serta meningkatkan kepuasan wisatawan. Salah satu temuan menarik dari penelitian ini adalah peran dominan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mendorong kolaborasi lintas sektor. Pemerintah daerah tidak hanya berfungsi sebagai fasilitator tetapi juga sebagai inisiator utama yang mampu mendatangkan mitra strategis mengoordinasikan seluruh pelaku pariwisata serta menggelar promosi berskala besar melalui agenda rutin seperti Banyuwangi Festival. Kehadiran pemerintah menjadi kunci dalam membangun ekosistem pariwisata yang berkesinambungan di mana semua elemen seperti komunitas lokal akademisi media hingga pelaku industri dapat bergerak secara terarah dan terpadu yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak langsung pada peningkatan pendapatan UMKM melalui penjualan produk lokal dan jasa pariwisata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |