Meidiaputri, Riza Dwi (2025) Analisis kompetensi karyawan level pelaksana dan strategi pengembangan SDM di perusahaan Kaliwatu Group, Kec. Bumiaji, Kota Wisata Batu, Jawa Timur, Indonesia / Riza Dwi Meidiaputri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kompetensi seseorang ditunjukan dari hasil kerja atau pengetahuan karya keterampilan karakter perilaku sikap dan juga bakat dan motivasinya. Studi ini untuk mengetahui kesesuaian pengetahuan keterampilan dan sikap (KSA) karyawan terutama terkait standar terkait arung jeram yang tercantum dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 62/2009 dan No. 60/2024 serta memberikan Strategi yang sebaiknya dilakukan pihak manajemen dalam meningkatkan kompetensi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi karyawan dan strategi pengembangan sumber daya manusia di Kaliwatu Group Kecamatan Bumiaji Batu Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada kondisi alami objek. Selain itu teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi (kombinasi) analisis induktif atau kualitatif. Data primer meliputi KSA data pelatihan yang selama ini dilakukan Data Knowledge yang didapat melalui menganalisis Uji Kompetensi sesuai SKKNI dan Skill di dapat melalui Data Karyawan untuk Perilaku didapat melalui Rubix Penilaian Perilaku karyawan. Informan dalam penelitian ini ialah karyawan level pelaksana pihak manajemen terkait Manager Wisatawan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipan wawancara mendalam (Tersetruktur dan Tidak Terstruktur) serta dokumentasi foto dan rekaman wawancara. Observasi partisipan dilakukan pada teknik pengumpulan data dan mengamati proses kerja dan setelah kerja dilapangan dengan menggunakan rubix penilaian perilaku karyawan. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijaga melalui triangulasi sumber triangulasi metode. Hasil studi ini mengungkapkan bahwa meskipun sebagian besar karyawan level pelaksana memiliki pengetahuan yang kuat tentang operasional praktik keselamatan dan layanan pelanggan masih terdapat kesenjangan dalam manajemen pariwisata tingkat lanjut dan pembaruan terkait standar. Strategi sumber daya manusia grup ini secara aktif menggabungkan pelatihan internal dan eksternal dan juga sertifikasi. Namun demikian perekrutan cenderung mengutamakan semangat kerja daripada kualifikasi atau sertifikasi formal yang menyebabkan inkonsistensi dalam kualitas layanan. Hasil ini menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan pengembangan profesional yang berkelanjutan dan terstruktur untuk menutup kesenjangan kompetensi yang ada meningkatkan kinerja staf dan menyediakan layanan pariwisata berkualitas tinggi yang berkelanjutan. Saran dalam penelitian ini meliputi peningkatan program pelatihan serta monitoring penyelarasan lebih erat dengan kriteria nasional perluasan jaringan berbagi pengetahuan di antara para ahli pariwisata lokal dan kolaborasi dengan masyarakat setempat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |