Wati, Sri Sulistiya (2025) Pengaruh brand experience dan brand engagement terhadap brand loyalty melalui brand trust sebagai variabel mediasi (studi pada pengguna skincare npure di komunitas pure friends) / Sri Sulistiya Wati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wati S.S. 2023. Pengaruh Brand experience dan Brand engagement terhadap Brand loyalty Melalui Brand trust (Studi Pada Pengguna Skincare NPURE dikomunitas PURE FRIENDS) Tesis. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. Kata Kunci Brand experience Brand engagement Brand loyalty Brand trust Pertumbuhan industri FMCG kategori beauty and care kini bergerak secara dinamis mengikuti tren kebutuhan terkini dan menciptakan peluang besar sekaligus tantangan berupa persaingan pasar yang semakin ketat. NPURE menjadi brand skincare lokal yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia di semester 1 tahun 2024 dibanding dengan brand yang lain baik lokal maupun global. Merek menjadi landasan yang penting dalam membangun hubungan yang berkelanjutan bersama konsumen. Brand loyalty menjadi penting guna menjaga brand NPURE untuk konsisten menjadi pemenuh kebutuhan bagi konsumen dan pangsa pasarnya tidak direbut oleh pesaing yang lain serta keberlanjutan brand NPURE tetap terjaga. Sehingga penelitian ini mengungkapkan peranan brand experience dan brand engagement dalam menciptakan brand loyalty bersama brand trust sebagai variabel mediasi pada pengguna brand skincare NPURE di komunitas PURE FRIENDS pada grup WhatsApp. Penelitian ini berjenis deskriptif dan explanatory research serta menggunakan model kuantitatif sebagai pendekatanya. Penelitian deskriptif digunakan untuk menjelaskan masalah-masalah yang berhubungan tentang Brand experience Brand engagement Brand loyalty Brand trust pada pengguna NPURE yang menjadi anggota komunitas PURE FRIENDS. Sedangkan explanatory research digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel mengenai Brand experience Brand engagement Brand loyalty Brand trust. Analisis SEM-PLS digunakan sebagai alat analisis dalam penelitian. Populasi penelitian merupakan keseluruhan anggota komunitas PURE FRIENDS yang ada di WhatsApp. Penarikan sample menggunakan purposive sampling dan perhitungan besar sample penelitian menggunakan Sample Size Calculator mendapatkan hasil 159 responden. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan Brand experience memberi pengaruh dengan arah positif dan signifikan terhadap Brand loyalty. Brand engagement memberi pengaruh dengan arah positif dan tidak signifikan terhadap Brand loyalty. Brand experience dan Brand engagement memberi pengaruh dengan arah positif dan signifikan terhadap Brand trust. Brand trust memberi pengaruh dengan arah positif dan signifikan terhadap Brand loyalty. Sedangkan melalui Brand trust Brand experience dan Brand engagement memberi pengaruh dengan arah positif dan signifikan terhadap Brand loyalty. Saran yang dapat digunakan berdasarkan hasil penelitian untuk pihak NPURE yaitu mempertahankan dan meningkatkan Brand experience dengan mempertahankan kualitas produk. Selain itu untuk meningkatkan Brand engagement yang akan berdampak pada kepercayaan pelanggan NPURE bisa membuat startegi pemasaran berupa storytelling marketing di media sosial khususnya instagram guna menstimulus emosional pelanggan untuk lebih iteraktif dengan brand yang dilengkapi dengan informasi produk yang aman untuk digunakan. Dengan mempertahankan dan meningkatkan kemampuan variabel-variabel tersebut dapat berdampak pada meningkatkanya Brand loyalty guna menjaga keberlanjutan brand NPURE ditengah persaingan produk FMCG kategori beauty and care pada masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |