Windasari, Karsi (2012) Pengaruh partisipasi siswa di koperasi sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang / Karsi Windasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Partisipasi Siswa Koperasi Sekolah Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Koperasi sekolah merupakan salah satu sarana belajar yang penting dalam proses belajar mengajar di sebuah lembaga pendidikan formal khususnya berkaitan dengan mata pelajaran Ekonomi. Dengan berpartisipasi aktif di koperasi sekolah siswa akan lebih mudah memahami teori-teori ekonomi yang diajarkan di dalam kelas dengan praktek langsung di koperasi sekolah sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Selain itu koperasi sekolah juga memiliki potensi peningkatan kualitas sumber daya manusia pengalaman berwirausaha dan pemenuhan kebutuhan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X XI XII yang memperoleh pembelajaran Ekonomi yang berjumlah 525 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 110 siswa responden. Peneliti mengambil sampel seluruh siswa kelas XI IPS. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh partisipasi siswa di bidang organisasi (X1) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang (Y) sebesar 17 86%. (2) Terdapat pengaruh partisipasi siswa di bidang usaha (X2) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang (Y) sebesar 29 06%. (3) Terdapat pengaruh partisipasi siswa di bidang modal (X3) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang (Y) sebesar16 37%. (4) Terdapat pengaruh partisipasi siswa di bidang organisasi usaha dan modal (X1 X2 X3) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang sebesar 63 3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Bagi kepala sekolah Memberikan dukungan bagi perkembangan koperasi sekolah dengan sering mengikutsertakan dalam ajang perlombaan antar koperasi sekolah sehingga koperasi sekolah dapat berkembang lebih pesat dan menjadi laboratorium yang baik bagi siswa. (2) Bagi guru mata pelajaran ekonomi Menggunakan koperasi sekolah sebagai wadah atau fasilitas belajar yang dapat digunakan siswa untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar ekonomi mengenal ekonomi secara dan meneliti perilaku ekonomi secara lebih nyata. ( 3) Bagi pengurus koperasi sekolah Meningkatkan profesionalisme pengurus koperasi sekolah dengan banyak belajar dan meminta bimbingan dan arahan pada guru pembina koperasi sekolah. (4) Bagi siswa Meningkatkan keaktifan siswa di koperasi sekolah dengan ikut serta mengembangkan koperasi sekolah ke arah yang lebih baik lagi guna menunjang peningkatan hasil belajar siswa pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |