Penerapan perpanduan model pembelajaran Kooperatif Picture and Pivture dan Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-7 di SMA Negeri 1 Batu / Nofi Diana Eka Marta - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan perpanduan model pembelajaran Kooperatif Picture and Pivture dan Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-7 di SMA Negeri 1 Batu / Nofi Diana Eka Marta

Marta, Nofi Diana Eka (2012) Penerapan perpanduan model pembelajaran Kooperatif Picture and Pivture dan Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-7 di SMA Negeri 1 Batu / Nofi Diana Eka Marta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Picture And Picture Talking Stick dan hasil belajar. Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan membangun kemauan dan mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembaharuan dalam pendidikan khususnya kurikulum yaitu kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut agar siswa lebih aktif sedangkan guru hanya sebagai fasilitator saja. Guru sebagai fasilitator harus mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran dengan tepat sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Perpaduan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Dan Talking Stick dapat membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan selain itu dengan penerapan perpaduan model pembelajaran ini juga membantu siswa untuk mengasah kemampuan berpikir logis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Batu dengan jumlah 33 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan tahun ajaran 2011-2012. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar yang diperoleh dari Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Dan Talking Stick. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil belajar siswa dalam ranah kognitif diukur melalui pre test dan post test ranah afektif diukur melalui format penilaian rubrik afektif sedangkan respon siswa terhadap penerapan model ini menggunakan format wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X-7. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II baik pada ranah kognitif maupun afektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Batu. Guru mata pelajaran Ekonomi disarankan menerapkan model Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Dan Talking Stick sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsumsi investasi dan uang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39060

Actions (login required)

View Item View Item