Wardhany, Dara Fitrisia (2012) Pengaruh minat baca, Intelligence Quotient (IQ), dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (studi kasus SMP Negeri 2 Malang) / Dara Fitrisia Wardhany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Minat Baca Intelligence Quotient (IQ) Motivasi Belajar Prestasi Belajar Pendidikan saat ini merupakan salah satu bidang yang penting dan telah menjadi suatu kebutuhan yang utama di seluruh jajaran negara di dunia termasuk juga di Indonesia selain di bidang-bidang penting lainnya. Dalam proses belajar mengajar keberhasilan seorang siswa dalam menguasai mata pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa berasal dari dalam diri siswa adalah minat baca. Minat baca sangat berperan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Selain faktor-faktor minat baca faktor yang turut mendukung dalam keberhasilan siswa dalam menguasai mata pelajaran adalah kecerdasan intelektual (IQ) dan motivasi belajar. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS (2) Bagaimana pengaruh intelligence quotient (IQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS (3) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS (4) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat baca intelligence quotient (IQ) dan motivasi belajar siswa secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah minat baca kecerdasan intelektual dan motivasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sebagai variabel independen serta prestasi belajar sebagai variabel dependen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP SMP Negeri 21 Malang yang berjumlah 250 orang. Sampel yang diambil sebanyak 71 siswa dengan teknik purposive random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16.00 for Windows dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Minat baca berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (2) Intelligence quotient (IQ) berpebgaruh secara positif dan signifika terhadap prestasi belajar (3) Motivasi belajar Simultaneously students reading interest IQ and students motivation influence positively and are significant toward students achievement. The suggestions that can be given based on the result of the research are (1) teacher has to be able to adapt their teaching methods based on the students intelligence level so that in turn students are able to understand the materials given. (2) It is really necessary to conduct reading habit program among children teens and adults so that they are always able to sharpen their knowledge. (3) If the further researcher plan to conduct a similar study it is suggested to use boarder variables because there are still many other variables outside the study that can influence students achievement.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |