Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Lab. UM Malang / Suci Aprilia Wulyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Lab. UM Malang / Suci Aprilia Wulyaningrum

Wulyaningrum, Suci Aprilia (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Lab. UM Malang / Suci Aprilia Wulyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran Numbered Head Together (NHT) kemampuan berpikir kritis prestasi belajar Pendidikan merupakan usaha untuk menyiapkan peserta didik yang dilakukan dengan melakukan kegiatan pembelajaran pengajaran dan latihan sebagai bekal hidup di masyarakat. Di SMP LAB UM Malang ibu Lilik Sulistiani S.Pd beliau dalam proses belajar mengajar masih belum optimal dalam penggunaan model dan media pembelajaran guru lebih sering menggunakan ceramah dan tanya jawab karena kurang adanya variasi dalam pembelajaran siswa menjadi bosan dan kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Sehingga siswa kurang mampu untuk berpikir kritis karena peran siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran ekonomi berlangsung. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut salah satu metode pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa untuk aktif di kelas adalah metode pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together). Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model NHT pada mata pelajaran ekonomi (2) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan (3) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi catatan lapangan pedoman wawancara lembar tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-E taraf keberhasilannya adalah cukup. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sehingga taraf keberhasilan adalah sangat baik. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal kurang dari 85% dan pada siklus II ketuntasan belajar lebih dari 85%. Kesimpulannya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-E SMP LAB UM Malang meningkat setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model NHT. Prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP LAB UM Malang pada aspek kognitif meningkat setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model NHT pada mata pelajaran ekonomi. Adapun saran dari penelitian ini adalah 1) Bagi guru ekonomi di SMP LAB UM Malang disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model NHT 2) Bagi sekolah pembelajaran kooperatif model NHT dapat digunakan sebagai pertimbangan pengembangan strategi pembelajaran dan 3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model NHT dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39053

Actions (login required)

View Item View Item