Efektivitas pembelajaran konstekstual model mind map sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi (Studi pada siswa kelas X di MA Al Maarif Malang) / Imam Nasrodin - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran konstekstual model mind map sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi (Studi pada siswa kelas X di MA Al Maarif Malang) / Imam Nasrodin

Nasrodin, Imam (2012) Efektivitas pembelajaran konstekstual model mind map sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi (Studi pada siswa kelas X di MA Al Maarif Malang) / Imam Nasrodin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kontekstual model mind map prestasi belajar. Guru sering mengeluhkan para siswa yang cepat lupa terhadap pelajaran yang telah dipelajari . Sebab pelajaran tersebut sering ada hubungannya dengan pelajaran berikutnya. Dengan demikian guru dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kontekstual model mind map. Hal ini bisa membantu siswa untuk mengingat pelajaran yang telah dipelajari dengan lebih mudah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual model mind map dan siswa yang diajar dengan menggunakan ceramah dengan LKS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al Maarif Singosari. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi 0 908 lebih besar dari 0 05 dan t hitung - 367 kurang dari t tabel 0 308. Sedangkan rata-rata kemampuan akhir siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak sama. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi 0 000 lebih kecil dari 0 05 dan t hitung 5 924 lebih besar dari t tabel 0 308. Pembelajaran kontekstual model mind map mempunyai hubungan yang positif signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Al Maarif Singosari. Hal ini dapat dilihat dari uji t gain score dengan nilai signifikansi 0 000 lebih kecil dari 945 0 05 dan t hitung 5 646 lebih besar dari t tabel 0 308. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pembelajaran kontekstual model mind map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X MA Al Maarif Singosari. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) Sekolah diharapkan lebih meningkatkan mutu pendidikan melalui pemberian standarisasi RPP dengan model pembelajaran yang bervariasi misalnya pembelajaran kontekstual model mind map (2) Guru diharapkan dapat memberikan variasi model pembelajaran misalnya dengan menggunakan pembelajaran kontekstual model mind map pada materi yang seperti perbankan (ekonomi) sehingga siswa dapat belajar lebih baik dan (3) Peneliti lain diharapkan apabila akan melakukan penelitian yang serupa perlu memperhatikan masalah kemampuan awal siswa dan kondisi siswa. Dengan kemampuan siswa yang sama akan memudahkan peneliti untuk melakukan penelitian sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39050

Actions (login required)

View Item View Item