Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar IPS (ekonomi) dan persepsi tentang iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Muhammad Nurul Qomar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar IPS (ekonomi) dan persepsi tentang iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Muhammad Nurul Qomar

Qomar, Muhammad Nurul (2012) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar IPS (ekonomi) dan persepsi tentang iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Muhammad Nurul Qomar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Orang Tua Prestasi Belajar IPS (Ekonomi) Persepsi Tentang Iklan Pola Konsumsi Remaja sering dijadikan target bagi pemasaran berbagai produk industri karena karakteristik mereka yang labil spesifik dan mudah dipengaruhi sehingga akhirnya mendorong munculnya berbagai gejala dalam pola berfikir yang tidak wajar. Alasannya karena sedang mengikuti arus mode yang ada di iklan hanya ingin mencoba produk baru ingin memperoleh pengakuan sosial. Sikap seperti inilah yang kemudian menimbulkan pola konsumsi lebih konsumtif pada remaja. Pola konsumsi sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor seperti Status Sosial Ekonomi Orang Tua Prestasi Belajar IPS (Ekonomi) dan Persepsi Tentang Iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap pola konsumsi siswa (2) pengaruh prestasi belajar IPS (ekonomi) terhadap pola konsumsi siswa (3) dan Pengaruh persepsi tentang iklan terhadap pola konsumsi siswa (4) serta pengaruh secara simultan antara status sosial ekonomi orang tua prestasi belajr IPS (ekonomi) dan persepsi tentang iklan terhadap pola konsumsi siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa (1) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi siswa (2) prestasi belajar IPS (Ekonomi) berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap pola konsumsi siswa (3) persepsi tentang iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi siswa dan (4) pengaruh secara simultan dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua prestasi belajar IPS (Ekonomi) dan persepsi tentang iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas VIII di SMPN 1 Malang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) status sosial ekonomi orang tua mempengaruhi pola konsumsi karena akan memberi kemudahan pada anak untuk berkonsumsi secara berlebihan yang akan menimbulkan dampak pada perkembangan sikap di masa depan. (2) prestasi belajar mempengaruhi pola konsumsi disebabkan para siswa mempunyai pemahaman tentang ekonomi yang baik akan berakibat pada kehidupan sehari-hari mereka dalam mengambil keputusan untuk menggunakan uang saku dalam berkonsumsi. (3) persepsi tentang iklan mempengaruhi pola konsumsi kerena arus informasi sekarang ini mudah didapatkan oleh siswa untuk mengetahui berbagai pengetahuan dan akan berdampak pada kehidupan sehari-hari dalam mengambil keputusan untuk berkonsumsi. (4) status sosial ekonomi orang tua prestasi belajar IPS (ekonomi) dan persepsi tentang iklan mempengaruhi pola konsumsi siswa akan berdampak pada psikologis dan juga etika dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39048

Actions (login required)

View Item View Item