Utomo, Eko Budi (2012) Peningkatan prestasi belajar dan keaktifan siswa dalam mata pelajaran ekonomi melalui penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe group investigation (GI) pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Eko Budi Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Grup Investigasi (Group Investigation) Prestasi Belajar Siswa Keaktifan Siswa Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik sehingga yang bersangkutan mampu memiliki dan memecahkan problema pendidikan yang dihadapinya. Pendidikan harus menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang termasuk penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 15 dan 17 Nopember 2011 untuk siklus I dan 22 24 Nopember 2011 untuk siklus II. Subjek dalam penelitian ini siswa adalah kelas XI-D1 semester gasal tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 orang siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Hasil belajar siswa ranah kognitif diukur melalui post test (siklus I dan II) penilaian ranah afektif disesuaikan dengan format penilaian rubrik dan lembar observasi aktivitas dan keaktifan siswa di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) Tipe GI (Group Investigation) yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-D1 SMA Negeri 2 Malang. Dari paparan data menunjukkan bahwa untuk hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan. Hasil ini didasarkan pada nilai rata-rata siswa sebesar 78 17 (82 86% klasikal) pada siklus I dan meningkat menjadi 84 11 (94 29% klasikal) pada siklus II. Untuk hasil aktivitas siswa secara umum pada siklus I rata rata 23 7 (67 71%) dan meningkat pada siklus II menjadi 34 2 (97 71 %). Untuk penilaian keaktifan siswa ranah afektif nilai sikap rata-rata 19 83 pada siklus I dan juga mengalami peningkatan menjadi 32 91 pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) Tipe GI (Group Investigation) yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-D1 SMA Negeri 2 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39045 |
Actions (login required)
View Item |