Afidah, Atik Nurul Afidah (2025) Pengembangan game based learning berbasis APK untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi arus listrik / Atik Nurul Afidah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Afidah Atik Nurul. 2025. Pengembangan Game Based Learning Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Arus Listrik di SMK Kelas X. Tesis Departemen Teknologi Pendidikan Jurusan S2 Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. (II) Dr. Citra Kurniawan S.T M.M. Kata Kunci Media Digital GBL Digital Game Based Learning Fisika Arus Listrik Bahan belajar yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun akan menunjang peserta didik dalam belajar sebuah fisika. Dengan bahan belajar tersebut peserta didik akan mendapatkan kemudahan dalam mencapai sebuah tujuan pendidikan yakni keterampilan fisika terkait materi arus listrik. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan bahan belajar berupa digital Fisika materi Arus listrik berbasis game. Media digital akan memberikan bantuan kepada peserta didik dalam mempelajari fisika yang menyenangkan dengan belajar secara rutin. Hal tersebut dikarenakan konsep digital sebagai sebuah mobile learning yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada Model R amp D dengan merujuk pada model pengembangan yang diadaptasi dari Lee dan Owens. Tahapan pengembangan media menurut Lee amp Owen sebagai berikut (1) Asessment and Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Subyek penelitian adalah 15 siswa kelas X SMKN 2 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah dengan validasi ahli materi media. Untuk mengukur kefektifian modul digital berbasis game adalah dengan angket respon siswa serta menggunakan tes kemampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Hasil pengembangan diperoleh dari uji validasi ahli materi mendapatkan hasil 0 93 atau 93%. Materi yang terkandung pada Digital Fisika Materi Arus listrik Berbasis Game (Game-Based Learning) dinilai sangat valid sehingga modul digital tersebut layak untuk diujicobakan kepada peserta didik. Hasil validasi media mendapatkan hasil 0 84 atau 84% berarti bahwa media valid dan layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu membantu kegiatan belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Skor angket respon siswa 0 968 atau 96 8%. Modul digital menarik mudah dioperasikan dan mampu memotivasi siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa digital Fisika berbasis game dinilai efektif digunakan dalam pembelajaran hal tersebut berdasarkan hasil dari uji paired sample t-test yakni didapatkan nilai sig.(2-Tailed) adalah 0 000 lt 0 05. Kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai tes kemampuan awal (pretest) dan nilai tes kemampuan akhir (posttest). Perbedaan tersebut membawa pada kesimpulan efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |