Pengaruh fasilitas sekolah, proses belajar mengajar, minat dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Lumajang / Reviani Erfika Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas sekolah, proses belajar mengajar, minat dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Lumajang / Reviani Erfika Setyorini

Setyorini, Reviani Erfika (2012) Pengaruh fasilitas sekolah, proses belajar mengajar, minat dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Lumajang / Reviani Erfika Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci fasilitas sekolah proses belajar mengajar minat motivasi prestasi Kesejahteraan bangsa tidak lagi didasarkan pada Sumber Daya Alam (SDA) dan modal yang bersifat fisik tetapi bersumber pada modal intelektual sosial budaya dan kredibilitas sehingga tuntutan pengetahuan yang terus-menerus menjadi suatu keharusan. Mutu lulusan tidak cukup diukur dengan standar lokal karena perubahan global telah berpengaruh sangat besar terhadap ekonomi suatu bangsa hingga terdapat istilah bangsa yang besar adalah bangsa yang berpendidikan dengan standar mutu yang tinggi. Sekolah menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan sebagai salah satu lingkungan dimana seseorang menempuh proses pendidikan. Sekolah yang menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa dapat mempermudah pengelolaan belajar bagi siswa. Hal ini akan ikut meningkatkan motivasi dan minat siswa untuk belajar. Akan tetapi hal lain yang tidak kalah penting adalah proses belajar mengajar yang merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif. Penelitan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi fasilitas sekolah proses belajar mengajar minat dan motivasi belajar siswa serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Lumajang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitan deskriptif korelasional. Data penelitian yang dikumpulkan berupa paparan data tentang fasilitas sekolah proses belajar mengajar minat motivasi dan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan dokumentasi. Angket berasal dari fasilitas sekolah proses belajar mengajar minat dan motivasi belajar siswa. Sedangkan prestasi berasal dari dokumentasi nilai rapor siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa hasil kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kondisi fasilitas sekolah dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Menurut persepsi siswa kondisi fasilitas sekolah rata-rata diatas cukup bagus. 39.73% siswa menilai fasilitas sekolah bagus dan 47.94% siswa menilai fasilitas sekolah cukup bagus. Hal ini tentu berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Secara parsial diperoleh nilai r hitung fasilitas sekolah sebesar 0.635. Artinya fasilitas sekolah mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 63.5%. Kedua tentang kondisi proses belajar mengajar dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa persepsi siswa terhadap proses belajar mengajar terbilang bagus yaitu sebesar 61.64% sedangkan prestasi tergolong baik yaitu sebesar 50.68%. Dalam hipotesis secara parsial diperoleh r hitung proses belajar mengajar sebesar 0.724. Artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh proses belajar mengajar sebesar 72.4% atau fasilitas sekolah mempengaruhi prestasi belajar sebesar 72.4%. Ketiga tentang kondisi minat belajar siswa dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa minat belajar siswa SMA Negeri 2 Lumajang yaitu pada kelas X termasuk dalam kategori tinggi yaitu rata-rata sebesar 41 09% sedangkan prestasi tergolong baik yaitu rata-rata sebesar 50 68%. Dalam hipotesis secara parsial diperoleh r hitung minat belajar sebesar 0 749 atau 74.9%. Artinya prestasi belajar dipengaruhi minat belajar sebesar 74.9% atau dengan kata lain minat belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar 74.9%. Keempat tentang kondisi motivasi belajar siswa dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Lumajang yaitu pada kelas X termasuk dalam kategori tinggi yaitu rata-rata sebesar 53 42% sedangkan prestasi tergolong baik yaitu rata-rata sebesar 50 68%. Dalam hipotesis secara parsial diperoleh r hitung motivasi belajar sebesar 0 692 atau 69.2%. Artinya prestasi belajar dipengaruhi motivasi belajar sebesar 69.2% atau dengan kata lain motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar 69.2%. Kelima tentang pengaruh secara simultan antara fasilitas sekolah proses belajar mengajar minat dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil deskriptif diperoleh bahwa fasilitas sekolah termasuk dalam kategori cukup bagus yaitu rata-rata 47.94% proses belajar mengajar termasuk dalam kategori bagus yaitu rata-rata 46.57% minat belajar termasuk dalam kategori tinggi yaitu rata-rata 41 09% dan motivasi belajar termasuk dalam kategori 53 42% sedangkan prestasi belajar siswa tergolong baik yaitu rata-rata 50 68%. Dalam uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai R square sebesar 0 654 atau 65.4%. Artinya fasilitas sekolah proses belajar mengajar minat belajar dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar 65.4% dan sisanya 34.6% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Antara fasilitas sekolah proses belajar mengajar minat belajar dan motivasi belajar tidak dapat bekerja sendiri-sendiri karena bisa dipastikan berjalan kurang efektif. Jika fasilitas sekolah memadai maka harus didukung dengan proses belajar mengajar minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi sehingga prestasi belajar siswa tinggi. Begitu sebaliknya jika fasilitas sekolah tidak memadai tetapi proses belajar mengajar minat belajar dan motivasi belajar tinggi maka prestasi belajar siswa belum tentu rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39044

Actions (login required)

View Item View Item