Perbedaan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Papar Kabupaten Kediri antara yang diajar dengan metode jigsaw dan TGT (Teams Games Tournament) / Yola Jefrina Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Papar Kabupaten Kediri antara yang diajar dengan metode jigsaw dan TGT (Teams Games Tournament) / Yola Jefrina Wijayanti

Wijayanti, Yola Jefrina (2012) Perbedaan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Papar Kabupaten Kediri antara yang diajar dengan metode jigsaw dan TGT (Teams Games Tournament) / Yola Jefrina Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci jigsaw TGT dan prestasi belaja Kualitas pembelajaran bukan hanya dilihat dari hasil belajar saja tetapi juga dilihat dari proses pembelajarannya. Agar siswa tidak merasa bosan dan ikut aktif dalam proses pembelajaran perlu digunakan model pembelajaran kooperatif. Ada beberapa model pembelajaran kooperatif learning yang dapat digunakan guru misalnya TGT (team games tournament) dan jigsaw. Kedua model pembelajaran ini sama-sama bagus untuk digunakan meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Papar. (2) Untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams games tournament) pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Papar. (3) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran TGT (teams games tournament) pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Papar. Penelitian ini dilakukan di SMA negeri 1 Papar pada bulan November 2010 yang menjadi subyek penelitian adalah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 3 dan keduanya sebagai kelas eksperimen. Pada kelas XI IPS 1 diberi perlakuan dengan model pembelajaran TGT (teams games tournament) sedangkan kelas XI IPS 3 diberi perlakuan dengan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data melalui tes (pre test dan post test). Data dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji-t. Setelah kedua kelas diberi perlakuan berbeda hasilnya menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran jigsaw dan TGT (teams games tournament). Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 042 0 05 dan nilai thitung 2 077 ttabel 1 697 maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran model jigsaw lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TGT (teams games tournament) pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Papar. Saran yang peneliti sampaikan antara lain (1) Model pembelajaran jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang membutuhkan pemecahan masalah melalui diskusi. Namun tidak dipungkiri bahwa model pembelajaran TGT (teams games tournament) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Dalam menerapkan model pembelajaran jigsaw ataupun hendaknya guru mengalokasikan waktu sebaik mungkin agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. (3) Guru hendaknya memberi pengawasan penuh pada saat proses diskusi berlangsung agar proses belajar kelompok dapat benar-benar kooperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39043

Actions (login required)

View Item View Item