Efektifitas konseling kelompok realitas berbasis nilai-nilai Al-Qur&rsquo;an untuk meningkatkan tanggung jawab ibadah sholat siswa Madrasah Aliyah / Emi Rizqil Fauziyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas konseling kelompok realitas berbasis nilai-nilai Al-Qur&rsquo;an untuk meningkatkan tanggung jawab ibadah sholat siswa Madrasah Aliyah / Emi Rizqil Fauziyah</p>

Fauziyah, Emi Rizqil (2025) Efektifitas konseling kelompok realitas berbasis nilai-nilai Al-Qur&rsquo;an untuk meningkatkan tanggung jawab ibadah sholat siswa Madrasah Aliyah / Emi Rizqil Fauziyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauziyah Emi Rizqil. Efektifitas Konseling kelompok realitas Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur rsquo an untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Ibadah Sholat Siswa Madrasah Aliyah. Tesis. Program Studi Magister Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Ramli M.A (2) Prof. Dr. Adi Atmoko M.Si. M.Pd Kata kunci konseling kelompok realita tanggung jawab ibadah sholat Tujuan dari penelitian adalah untuk menilai efektivitas konseling kelompok realitas yang berbasis al-Qur an dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa MA terhadap ibadah sholat. Konseling kelompok realitass berbasis nilai-nilai alqur rsquo an merupakan usaha dukungan yang diberikan kepada individu dalam konteks kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab pelaksanaan sholat wajib melalui tahapan pembentukan tahap kegiatan dengan langkah W menggali keinginan D menggali perilaku E evaluasi sejalan nilai-nilai al-qur rsquo an yakni nilai ketaatan pada Allah amp orang tua (sesuai Q.S. Luqman ayat 17) nilai disiplin (sesuai QS Al-Isra 78) nilai tanggung jawab amp jujur (sesuai QS. Al-Muddasir ayat 38) nilai sabar amp ikhlas menahan hawa nafsu (sesuai Q.S al- lsquo Ankab ucirc t 45) P membantu siswa membuat perencaan perubahan) ditutup dengan tahap pengakhiran. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest one group design. Subjek penelitian siswa MA. Instrumen yang digunakan terdiri dari dua bagian yaitu instrumen untuk pengumpulan data dan panduan eksperimen. Panduan eksperimen mencakup buku konseling kelompok realitas yang berbasis nilai-nilai al-Qur an untuk konselor sementara alat ukur yang digunakan adalah skala tanggung jawab ibadah sholat yang dikembangkan dari teori Lickona. Teknik analisis data adalah uji beda Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon pada kelompok menunjukkan nilai signifikansi 0 005 yang lebih kecil dari 0 05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan secara statistik antara pengukuran pretest dan posttest sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok berbasis nilai al-Qur an efektif dalam meningkatkan tanggung jawab siswa MA dalam melaksanakan ibadah sholat. Penggunaan nilai-nilai al-Qur an dalam konseling terbukti efektif dalam meningkatkan tanggung jawab ibadah sholat siswa. Disarankan untuk guru BK menggunakan pendekatan konseling kelompok realitas berbasis nilai-niali al-quran untuk meningkatkan tanggung jawab ibadah sholat siswa. Selanjutnya untuk peneliti berikutnya diharapkan dapat menguji coba keefktifan pendekatan konseling kelompok realitas berbasis nilai-nilai al-quran untuk meningkatkan tanggung jawab ibadah sholat siswa melalui desain penelitian eksperimen kuasi atau eksperimen murni dan populasi penelitian yang lebih luas sehingga diperoleh generalisasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390421

Actions (login required)

View Item View Item