Pengembangan panduan bimbingan klasikal teknik sinema edukasi bermuatan parabhesan Madhura untuk meningkatkan keterampilan perencanaan karier santri / Ismawan Robiulkhair</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan klasikal teknik sinema edukasi bermuatan parabhesan Madhura untuk meningkatkan keterampilan perencanaan karier santri / Ismawan Robiulkhair</p>

Robiulkhair, Ismawan (2025) Pengembangan panduan bimbingan klasikal teknik sinema edukasi bermuatan parabhesan Madhura untuk meningkatkan keterampilan perencanaan karier santri / Ismawan Robiulkhair</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perencanaan karier adalah pendekatan untuk menentukan karier masa depan seseorang yang melibatkan penilaian terhadap kemampuan minat bakat dan kebutuhan karier. Perencanaan karier mencakup tiga komponen utama kesadaran dan pengetahuan diri pemahaman tentang pasar kerja serta penalaran realistis tentang bagaimana pengetahuan diri berkaitan dengan pengetahuan tentang dunia profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan yang memanfaatkan teknik konseling klasik dan sinema edukasi yang diperkaya dengan parabhesan Madhura (pepatah Madura) guna meningkatkan keterampilan perencanaan karier siswa. Integrasi parabhesan Madhura memperkenalkan elemen baru dalam bidang bimbingan dan konseling khususnya dalam penerapan layanan bimbingan klasik. Penelitian ini mengembangkan produk melalui desain penelitian dan pengembangan model ADDIE yang mencakup langkah-langkah analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Diawali dengan pengembangan produk secara keseluruhan dengan menggunakan langkah-langkah model ADIIE penelitian ini menghasilkan produk yang memenuhi kriteria penerimaan dalam hal sirkularitas kegunaan kenyamanan dan daya tarik. Uji ahli meliputi materi bimbingan dan konseling materi budaya media pembelajaran alat penelitian dan calon pengguna produk yaitu konselor sekolah Siswa kelas XII MA Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan diuji keefektifan panduan tersebut. Hasil pengembangan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data numerik dievaluasi melalui pertimbangan uji ahli dan uji peringkat yang ditanda tangani Wilcoxon untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi pada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk diterima dengan tepat mudah menarik dan bermanfaat bagi konselor. Analisis data diperoleh dari 2 ahli materi bimbingan dan konseling sebesar 0.81 yang menunjukkan kualifikasi sangat tinggi hasil dari uji 2 ahli media pembelajaran menunjukkan hasil sebesar 1.00 yang memiliki kualifikasi sangat tinggi hasil dari uji 2 ahli budaya menunjukkan hasil sebesar 1.00 yang memiliki kualifikasi sangat tinggi hasil dari uji 2 ahli instrumen menunjukkan hasil sebesar 0 95 yang memiliki kualifikasi sangat tinggi namun perlu adanya revisi pada bagian item pertanyaan. hasil dari uji 2 calon pengguna menunjukkan hasil sebesar 1.00 yang memiliki kualifikasi sangat tinggi. Hasil keefektifan panduan didapatkan bahwa adanya perubahan skor keterampilan perencanaan karier yang didasarkan pada hasil pretest dan posttest. saran untuk bagi konselor sekolah maupun peneliti selanjutnya adalah (1) Kepada konselor sekolah melalui buku panduan sinemaedukasi bermuatan parabhesan madhura diharapkan konselor memperkenalkan dan menerapkan layanan sinemaedukasi sejak kelas XII agar menjadi suasana baru dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling (2) Saran bagi peneliti selanjutnya diperlukan kajian yang lebih dalam dan detail mengenai parabhesan madhura bilamana terdapat yang lebih menggambarkan aspek keterampilan perencanaan karier dalam parabhesan madhura

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390420

Actions (login required)

View Item View Item