Febrianti, Risa Eka (2012) Hubungan antara pola asuh dan status ekonomi orang tua dengan hasil belajar ekonomi siswa (studi kasus pada siswa kelas VII SMP N 8 Malang) / Risa Eka Febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pola Asuh Status Sosial Ekonomi Hasil Belajar Kenakalan remaja sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang salah sepeti kekerasan keluarga tingginya tingkat otoriter orang tua dan miskinnya telaah keagamaan. Peran lingkungan keluarga terutama orang tua sangat mempengaruhi tingkah laku oleh anak. Selain berpengaruh terhadap tingkah laku anak lingkungan keluarga juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh utama bagi kehidupan pertumbuhan dan perkembangan seseorang adalah pengaruh keluarga karena keluarga merupakan orang-orang terdekat bagi seorang anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi orang tua siswa SMP N 8 Malang tahun ajaran 2011/2012 Bagaimana hasil belajar siswa SMP N 8 Malang tahun ajaran 2011/2012 Apakah ada hubungan pola asuh orang tua dengan keberhasilan belajar siswa dan apakah terdapat hubungan status sosial ekonomi siswa dengan keberhasilan belajar siswa di SMP N 8 Malang tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan Siswa kelas VII SMP N 8 Malang mayoritas memiliki pola asuh demokratis (71.67% siswa) Siswa kelas VII SMP N 8 Malang mayoritas memiliki status sosial ekonomi tinggi (46.67% siswa) yang menyatakan bahwa memiliki status sosial tinggi. Hasil penelitian tentang hasil belajar kelas VII SMP N 8 Malang mayoritas adalah cukup tinggi (57.50% siswa) yang mendapat nilai cukup tinggi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara hubungan pola asuh dan status sosial ekonomi dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMP N 8 Malang. Saran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam hasil belajar anak yaitu sebagai motivasi untuk meningkatkan komunikasi yang baik antara siswa dengan orang tua sehingga tercipta lingkungan belajar yang mendukung keberhasilan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39040 |
Actions (login required)
View Item |