Strategi adaptasi akademis peserta program MBKM pertukaran mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Muhammad Sayyid Hanafi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi adaptasi akademis peserta program MBKM pertukaran mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Muhammad Sayyid Hanafi</p>

Hanafi , Muhammad Sayyid (2024) Strategi adaptasi akademis peserta program MBKM pertukaran mahasiswa di Universitas Negeri Malang / Muhammad Sayyid Hanafi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa awal perkuliahan merupakan saat tersulit sebagai akibat adanya transisi ditambah munculnya tuntuntan di lingkungan baru yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan. Menyikapi hal tersebut maka dibutuhkan strategi adaptasi akademis yang baik agar mahasiswa dapat berhasil menyelesaikan pendidikannya. Penelitian ini penting dilakukan karena mahasiswa yang mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungannya maka akan mampu melewati hambatan di masa perkuliahan memiliki performa akademis yang lebih baik memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap pengalaman kuliahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan dan menganalisis strategi adaptasi akademis yang dilakukan peserta Program Pertukaran Mahasiswa di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus subjek penelitian berjumlah 42 yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling pengumpulan data diperoleh melalui observasi wawancara serta dokumentasi dan diperkuat dengan data sekunder berupa kajian pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif Model Miles dan Huberman yang dilakukan dengan tahapan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hambatan adaptasi akademis yang dialami peserta program dapat dibedakan menjadi hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal terdiri dari motivasi akademis yang rendah dan kesulitan dalam manajemen waktu. Sedangkan hambatan eksternal terdiri dari beban akademis yang berbeda dan kurangnya kepuasan terhadap kualitas lingkungan akademik. Strategi yang dilakukan mahasiswa peserta program agar mampu melakukan adaptasi akademis dengan baik meliputi meningkatkan motivasi dan melakukan evaluasi sesuai kebutuhan menjaga keseimbangan rutinitas melakukan pemanfaatan teknologi mencari dukungan sosial dan melakukan manajemen stres. Penelitian ini menyajikan data yang dapat digunakan untuk mempersiapkan calon peserta yang ingin mengikuti program memberikan wawasan kepada institusi dan pembuat kebijakan dalam memaksimalkan dampak dari program pertukaran mahasiswa ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390385

Actions (login required)

View Item View Item