Trisnawati, Yeni (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas guru ekonomi dan lingkungan sekolah yang baik terhadap hasil belajar siswa jurusan IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negri 1 Talun tahun ajaran 2011/2012 / Yebi Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci persepsi profesionalitas guru lingkungan sekolah hasil belajar Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi faktor kesehatan psikologis dan kelelahan serta faktor eksternal yaitu faktor keluarga sekolah dan masyarakat. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor sekolah yang meliputi profesionalitas guru dan lingkungan sekolah. Guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran hal ini dikarenakan guru berinteraksi langsung dengan siswa merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Seorang guru dikatakan profesional apabila memiliki kemampuan atau kompetensi yaitu seperangkat kemampuan sehingga dapat mewujudkan kinerja profesionalnya. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik kepribadian sosial dan profesional. Selain itu lingkungan sekolah yang baik juga memegang peranan penting bagi perkembangan belajar para siswa. Lingkungan tersebut meliputi sarana pembelajaran prasarana pembelajaran kurikulum sekolah standar mata pelajaran disiplin sekolah waktu sekolah dan relasi siswa dengan warga sekolah. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalitas guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Talun pada mata pelajaran ekonomi. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Talun pada mata pelajaran ekonomi. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalitas guru ekonomi dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Talun pada mata pelajaran ekonomi. Asumsi penelitian yaitu (1) profesionalitas guru mata pelajaran ekonomi dianggap berbeda (2) maisng-masing siswa memiliki kemampuan berbeda dan (3) nilai siswa dalam mata pelajaran ekonomi yang tercantum dalam nilai ulangan harian tugas dan UTS benar-benar mencerminkan haisl belajar siswa yang bersangkutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Talun tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 167 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh 63 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan teknis analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian antara lain persepsi siswa tentang profesionalitas guru ekonomi (X1) persepsi siswa tentang lingkungan sekolah yang baik (X2) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner observasi lapangan dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) profesionalitas guru ekonomi dipersepsikan baik oleh siswa sebesar 28 57% cukup baik sebesar 68 25% dan kurang baik sebesar 3 18%. (2) Lingkungan sekolah dipersepsikan sangat baik oleh siswa sebesar 12 70% baik sebesar 60 32% cukup baik sebesar 26 98%. (3) hasil belajar siswa klasifikasi baik sebesar 80 95% dan cukup baik sebesar 19 05%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (1) pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas guru ekonomi (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. (2) Pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan sekolah (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. (3) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas guru ekonomi dan lingkungan sekolah (X) terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) persepsi siswa tentang profesionalitas guru ekonomi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Jurusan IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Talun. (2) Persepsi siswa tentang lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Jurusan IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Talun. (3) Persepsi siswa tentang profesionalitas guru ekonomi dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Talun. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru ekonomi diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas kerja melalui berbagai pelatihan dan seminar. (2) Bagi SMA Negeri 1 Talun diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas lingkungan sekolah baik dari segi fisik maupun non fisik demi tercapainya lingkungan sekolah yang kondusif dan akademis untuk mendorong siswa berprestasi. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variabel penelitian sehingga hasil penelitiannya lebih representatif dengan perkembangan jaman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |