Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 14 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Binar Dwiyanto Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 14 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Binar Dwiyanto Pamungkas

Pamungkas, Binar Dwiyanto (2012) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 14 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Binar Dwiyanto Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Hasil belajar Menurut hasil pengamatan yang dilakukan peneliti pada saat Praktek Perkuliahan Lapangan (PPL) dan wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas VIII(5) semester genap di SMP Negeri 14 Malang tahun pelajaran 2010/2011 menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi mata pelajaran ekonomi siswa kurang optimal. Asumsi dasar yang menyebabkan pencapaian kompetensi mata pelajaran ekonomi siswa kurang optimal adalah pemilihan metode pembelajaran dan kurangnya peran serta (keaktifan) siswa dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).Pada tahun ajaran 2010/2011 SMP Negeri 14 Malang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) namun pelaksanaannya belum optimal.Metode mengajar guru masih secara konvensional. Proses belajar mengajar ekonomi masih terfokus pada guru dan kurang terfokus pada siswa. Hal ini mengakibatkan kegiatan belajar mengajar (KBM) lebih menekankan pada pengajaran daripada pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan lebih didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Peran serta siswa belum menyeluruh sehingga menyebabkan diskriminasi dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang aktif dalam KBM cenderung lebih aktif dalam bertanya dan menggali informasi dari guru maupun sumber belajar yang lain sehingga cenderung memiliki pencapaian kompetensi belajar yang lebih tinggi. Siswa yang kurang aktif cenderung pasif dalam KBM mereka hanya menerima pengetahuan yang datang padanya sehingga memiliki pencapaian kompetensi yang lebih rendah. Berdasarkan pertimbangan di atas maka perlu dikembangkan suatu metode pembelajaran yang mampu melibatkan peran serta siswa secara menyeluruh sehingga kegiatan belajar mengajar tidak hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Selain itu melalui pemilihan metode pembelajaran tersebut diharapkan sumber informasi yang diterima siswa tidak hanya dari guru melainkan juga dapat meningkatkan peran serta dan keaktifan siswa dalam mempelajari dan menelaah ilmu yang ada terutama mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelotian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini direncanakan dua siklus pembelajaran. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif Group Investigation. Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas kooperatif serta hasil belajar siswa. Peneliti ii terlibat langsung dalam proses penelitian dari awal hingga akhir pembelajaran. Peneliti berusaha melihat mengamati merasakan menghayati merefleksi dan mengevaluasi seluruh kegiatan selama pembelajaran berlangsung. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 14 Malang dengan subyek kelas VIII-5 dengan jumlah siswa 42 orang materi pasar sebagai pokok bahasan. Proses pembelajaran yang digunakan meliputi kegiatan persiapan perencanaan tindakan kegiatan kelompok presentasi kelas dan evaluasi. Temuan penelitian dalam siklus I dan siklus II adalah (a) langkah pembelajaran pada siklus I mencapai prosentase 70 809% dan pada siklus II adalah 79 833% dari hasil post test siklus I dan post test siklus 2 terlihat bahwa terjadi peningkatan 12 743% hasil belajar siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 14 Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan beberapa hal sebagai berikut. Pembelajaran kooperatif model Group Investigation baik untuk diterapkan karena disamping mengandalkan kemampuan siswa untuk berinteraksi dengan temannya dalam membantu menguasai materi pelajaran. Pembelajaran kooperatif model Group Investigation juga membantu siswa untuk memiliki beberapa keterampilan sosial seperti bekerjasama berbagi tugas mendengarkan pendapat orang lain menghargai pendapat orang lain kemampuan bertanya dan lain-lain yang sangat jarang diberikan dalam penerapan pembelajaran tradisional. Hendaknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk model Group Investigation dengan materi pelajaran yang berbeda serupa dengan materi yang telah diambil penulis juga dalam pembelajaran Group Investigation ini guru perlu merencanakan waktu pembelajaran dengan tepat agar proses pembelajaran ekonomi berjalan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39035

Actions (login required)

View Item View Item