Pengaruh hasil belajar ekonomi, status sosial ekonomi orang tua, dan respon pada iklan terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang / Lucien Meytasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hasil belajar ekonomi, status sosial ekonomi orang tua, dan respon pada iklan terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang / Lucien Meytasari

Meytasari, Lucien (2011) Pengaruh hasil belajar ekonomi, status sosial ekonomi orang tua, dan respon pada iklan terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang / Lucien Meytasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Ekonomi Status Sosial Ekonomi Orang Tua Respon pada Iklan Sikap Perilaku Konsumtif. Di dalam memenuhi kebutuhannya konsumen seringkali didorong oleh motif tertentu di dalam mendapatkan produk/jasa yang dibutuhkannya. Motif konsumsi yang berkembang pada masyarakat modern saat ini adalah lebih banyak berdasarkan emosional motif daripada rasional motif. Fenomena yang dihadapi masyarakat modern dalam kehidupan sehari-hari adalah diwarnai dengan maraknya kegiatan konsumsi. Fenomena ini nyatanya tidak hanya dialami oleh masyarakat dewasa saja melainkan juga dialami oleh para remaja. Remaja memiliki sifat diantaranya mudah terbujuk rayuan iklan suka ikut-ikutan teman tidak realistis dan cenderung boros dalam menggunakan uangnya. Adanya hal-hal tersebut maka dapat mendorong siswa berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan hasil belajar ekonomi status sosial ekonomi orang tua dan respon pada iklan terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh negatif hasil belajar ekonomi terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang (2) terdapat pengaruh positif status sosial ekonomi orang tua terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang (3) terdapat pengaruh positif respon pada iklan terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang dan (4) terdapat pengaruh secara simultan hasil belajar ekonomi status sosial ekonomi orang tua dan respon iklan terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang. Sumbangan efektif dari masing-masing variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap sikap perilaku konsumtif siswa adalah variabel respon pada iklan. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) semakin tinggi hasil belajar ekonomi maka semakin rendah sikap perilaku konsumtif siswa (2) semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi sikap perilaku konsumtif siswa (3) semakin tinggi respon pada iklan maka semakin tinggi sikap perilaku konsumtif (4) hasil belajar ekonomi status sosial ekonomi dan respon pada iklan berpengaruh secara simultan terhadap sikap perilaku konsumtif siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah siswa disarankan dapat mengendalikan kecenderungan dalam berperilaku konsumtif. Sebaiknya perlu diberikan penghargaan bagi siswa yang dapat meminimalisir sikap perilaku konsumtif dan diberikan penyadaran bagi siswa yang berperilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39032

Actions (login required)

View Item View Item