Rodhiyah Elina (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang semester genap tahun 2010/2011 / Elina Rodhiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) hasil belajar. Setiap kegiatan belajar mengajar selalu melibatkan dua pelaku aktif yaitu guru dan peserta didik. Keberhasilan proses pendidikan tidak dapat dilepaskan dari proses belajar di sekolah sebab sekolah merupakan salah satu pelaksana pendidikan yang dominan dalam keseluruhan organisasi pendidikan disamping keluarga dan masyarakat. Pada umumnya masyarakat menilai keberhasilan proses belajar di sekolah dengan melihat prestasi belajar siswa. Apabila prestasi belajar baik maka dapat dikatakan bahwa proses belajar mengajarnya telah berhasil. Tetapi sebaliknya apabila prestasi belajarnya buruk dan tidak memuaskan maka dapat dikatakan proses belajarnya belum berhasil. Hasil belajar siswa merupakan suatu puncak proses belajar dimana siswa berhasil dalam menguasai dan memahami materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk angka atau skor. Berdasarkan observasi dan wawancara kepada guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Tumpang pada pembelajaran ekonomi guru masih menggunakan model ceramah dimana peran guru lebih dominan dibanding siswa kemudian siswa mengerjakan LKS. Model pembelajaran yang dilaksanakan di kelas kurang menarik bagi siswa yang mengakibatkan banyak siswa menjadi jenuh belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan kondisi yang cukup ramai jika diajar. Selain itu hasil belajar yang dicapai sebagian siswa pada mata pelajaran ekonomi masih kurang belum memenuhi KKM yang diterapkan SMA Negeri 1 Tumpang yaitu 75 khususnya pada kelas X.7. Model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) merupakan model pembelajaran dengan keuntungan dan keunggulan yaitu mudah diterapkan diberbagai jenjang pendidikan dan dalam setiap kesempatan menyediakan waktu berpikir untuk meningkatkan kualitas respons siswa siswa menjadi lebih aktif dalam berpikir mengenai konsep dalam mata pelajaran siswa menjadi lebih memahami tentang konsep topik pelajaran selama diskusi siswa dapat belajar dari siswa lain setiap siswa dalam kelompoknya mempunyai kesempatan untuk berbagi atau menyampaikan idenya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir belajar. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan dan pengamatan refleksi dan perbaikan rencana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Tumpang yang terdiri dari 36 siswa. Langkah-langkah model pembelajaran ini adalah think (berpikir) pair (berpasangan) dan share (berbagi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS(Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X.7. Dibuktikan dengan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 27 siswa (75%) yang belum tuntas 9 siswa (25%). Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa (88 9%) yang belum tuntas 4 siswa (11 1%). Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 75 sedangkan KKM Klasikal 80% dari jumlah keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian saran dalam menerapkan model TPS(Think Pair Share) dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa selain itu penerapan model pembelajaran TPS(Think Pair Share) dapat dilakukan pada mata pelajaran yang sama namun pada lokasi yang berbeda. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar tidak hanya menilai hasil belajar tapi juga menilai segala aktivitas atau keaktifan setiap siswa dalam melaksanakan langkah-langkah model ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |