Pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Bayu Ariwijanarko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Bayu Ariwijanarko

Ariwijanarko, Bayu (2011) Pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Bayu Ariwijanarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Integrasi TIK Pembelajaran ekonomi Perkembangan teknologi terutama teknologi komunikasi dan teknologi informasi (TIK) yang telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan tak terkecuali pendidikan sesungguhnya bisa dimanfaatkan untuk memberikan dukungan terhadap adanya tuntutan reformasi dalam sistem pendidikan. Namun tidak semua Guru mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran secara optimal. Guru ekonomi kelas X SMA Negeri 6 Malang adalah salah satu dari sekian Guru yang telah mengintegrasikan TIK dalam pembelajarannya. Hanya saja apakah pengintegrasian TIK dalam pembelajaran tersebut telah sesuai dengan pedoman-pedoman yang ada dan apakah telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru ekonomi SMA Negeri 6 Malang mengenai pengintegrasian TIK pada pembelajaran kendala yang dihadapi guru ekonomi dalam mengintegrasikan TIK pada serta mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran ekonomi yang mengintegrasikan TIK di SMA Negeri 6 Malang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dipaparkan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data digunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis induktif. Berdasarkan tujuan penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Guru SMA Negeri 6 Malang yakin pemanfaatan TIK secara optimal mempunyai banyak manfaat dan dapat membantu dalam penyampaian pembelajaran. Kendala yang dihadapi oleh guru ekonomi SMA Negeri 6 Malang dalam melaksanakan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK adalah kurang lengkapnya sarana TIK yang dimiliki sekolah dan kekurang mampuan guru dalam mengoperasikan TIK. Dalam perencanaan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK Guru ekonomi menggunakan pendekatan software. Dalam pelaksanaan pembelajaran sendiri Guru menggunakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa menjadi aktif serta memanfaatkan program Excel dalam mengolah hasil belajar siswa. Dari hasil kesimpulan ada beberapa saran yang diajukan peneliti. Diantaranya adalah hendaknya kebijakan Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Malang lebih mengarah kepada pengembangan kemampuan Guru dalam mengoperasikan TIK serta pemenuhan fasilitas TIK yang dibutuhkan Guru. Kedua hendaknya Guru lebih meningkatkan kemampuannya dalam mengoperasikan TIK serta dapat menciptakan dan mempertahankan kreatifitas dan inovasi baru di dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39028

Actions (login required)

View Item View Item