Novitasari, Ika (2011) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi melalui minat belajar ekonomi pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung / Ika Movitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Orang Tua Fasilitas Belajar Prestasi Belajar Minat Belajar. Dalam pelaksanaan pendidikan ada tiga unsur yang ikut bertanggung jawab yaitu Orang Tua Masyarakat dan Pemerintah. Dalam dunia pendidikan formal fenomena belajar mengajar dapat dilihat sebagai suatu proses belajar mengajar dan lebih menekankan pada terciptanya kegiatan pada diri siswa. Dalam mewujudkan lembaga pendidikan orang tua siswa dilibatkan dalam partisipasi swadana hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada prestasi siswa. Keadaan sosial ekonomi orang tua menentukan perkembangan dan pendidikan anak disamping sebagai faktor penting bagi kesejahteraan keluarga. penyediaan fasilitas belajar juga sangat penting bagi kelangsungan prestasi belajar siswa di sekolah. Minat belajar merupakan aspek yang sangat penting bagi penentu prestasi belajar siswa. Kondisi sosial ekonomi orang tua penyediaan fasilitas belajar yang memadai dan minat siswa yang tinggi akan dapat mendukung tercapainya prestasi belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran status sosial ekonomi orang tuapenyediaan fasilitas belajar minat belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MAN 2 Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara status sosial ekonomi orang tuapenyediaan fasilitas belajar minat belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MAN 2 Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis jalur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi data diperoleh dari sampel penelitian yang diambil dari siswa kelas X MAN 2 Tulungagung. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa termasuk kategori cukup status sosial ekonomi orang tua tergolong tinggi fasilitas belajar tergolong rendah serta minat belajar yang rendah. Dari hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial (1) ada Pengaruh Langsung Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar (2) ada Pengaruh Langsung Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (3) ada Pengaruh Langsung minat belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa (4) Terdapat Pengaruh tidak Langsung Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa melalui Minat Belajar Siswa. Sehubungan dengan kesimpulan diatas maka disarankan kepada pihak terkait yaitu siswa untuk lebih berani membuka diri kepada bapak ibu guru agar berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran agar menjadi lebih nyaman dan juga siswa menggunakan fasilitas yang sudah tersedia semaksimal mungkin agar mencapai prestasi belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |