Wahyuni, Atik Tri (2011) Efektivitas pembelajaran berbasis modul pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X MAN 2 Tulungagung / Atik Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran modul hasil belajar. Untuk mencapai keberhasilan kualitas belajar mengajar yang diharapkan perlu adanya suatu pendekatan pembelajaran yang relevan sesuai tuntutan kurikulum yang terus berubah. Untuk itu pendekatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran ekonomi seharusnya siswa diposisikan sebagai pusat perhatian belajar. Sehingga dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut (1) Adakah penggunaan pembelajaran berbasis modul lebih efektif daripada pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN 2 Tulungagung (2) Adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis modul dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN 2 Tulungagung . Salah satu strategi belajar mengajar efektif dan efisien adalah melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar efektif dan efisien dengan melibatkan langsung siswa dapat memotivasi siswa untuk belajar aktif dan kreatif yaitu dengan menggunakan pembelajaran berbasis modul dalam setiap pelajaran berlangsung. Dengan demikian siswa akan menemukan konsep yang dipelajari. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimental atau eksperimental semu. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MAN 2 Tulungagung sedangkan sampelnya kelas X-E dan X-H MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2010/2011. Analisis penelitian yang dipakai adalah uji beda dua rata-rata atau t-test . Meningkatnya hasil belajar siswa dapat diketahui dari ketuntasan belajar dan hasil kemampuan akhir siswa atau post-test pada matapelajaran ekonomi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dengan menggunakan modul ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan analisis hasil belajarnya yang dapat dilihat dari ketentuan belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan. Yaitu pada kelas kontrol masih terdapat banyak siswa yang tidak tuntas. Sedangkan kelas eksperimen banyak siswa yang telah tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaaran ekonomi tidak lebih baik dari kelas eksperimen serta terdapat perbedaan yang signifikan dari pembelajaran modul terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Tulungagung dan saran yang bisa diberikan adalah agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39025 |
Actions (login required)
View Item |