Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pembelajaran kontekstual tipe problem based learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang / Lailiyatul Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pembelajaran kontekstual tipe problem based learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang / Lailiyatul Mufidah

Mufidah, Lailiyatul (2011) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pembelajaran kontekstual tipe problem based learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang / Lailiyatul Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efektivitas Kooperatif Think Pair Share Kontekstual Problem Based Learning. Belajar Ekonomi tidak hanya sekedar learning to know saja melainkan harus ditingkatkan menjadi learning to do learning to be hingga learning to live together. Oleh karena itu filosofi pengajaran ekonomi perlu diperbaharui menjadi pembelajaran ekonomi. Maka diperlukan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran ekonomi khususnya dalam penelitian ini adalah pada materi Uang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar efektivitas pembelajaran Kontekstual Tipe Problem Based Learning terhadap hasil belajar serta untuk mengetahui efektivitas antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pembelajaran Kontekstual Tipe Problem Based Learning Pada Mata pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik Purpossive Sampling. Instrumen penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Instrumen aktivitas belajar (lembar observasi aktivitas siswa) Instrumen hasil belajar (nilai Pretest dan posttest). Teknik pengambilan data dilkukan dengan pemberian pretest pemberian perlakuan (treatment) dan pemberian posttest. Data hasil penelitian kemudian dipaparkan secara deskriptif. Kegiatan analisis data dimulai dengan tahap uji prasyarat analisis hingga pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Uang pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang. Karena bisa meningkatkan hasil belajar siswa dan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran. Demikian pula dengan Pembelajaran Kontekstual Problem Based Learning juga efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Uang pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang. Karena bisa meningkatkan hasil belajar siswa dan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran. Akan tetapi terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan Pembelajaran Kontekstual tipe Problem Based Learning yang diketahui dari hasil pengujian data Gain Score pada kedua kelompok. Oleh karena itu diharapkan Guru mata pelajaran ekonomi dapat menerapkan pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dengan alokasi waktu yang efisien

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39022

Actions (login required)

View Item View Item