Pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang / Daniel Arief Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang / Daniel Arief Kurniawan

Kurniawan, Daniel Arief (2011) Pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang / Daniel Arief Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lingkungan belajar fasilitas belajar di sekolah prestasi belajar Lingkungan belajar merupakan tempat di mana siswa dapat belajar lingkungan belajar yang nyaman tenang dan kondusif merupakan salah satu tujuan dan harapan semua pihak khususnya siswa.oeleh karena itu lingkungan belajar yang mendukung di hadapkan terus terwujud karena memiliki dampak yang posistif untuk keberhasilansuatu pendidikan sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar utamanya siswa. Fasilitas belajar di sekolah merupakan salah satu sarana penunjang untuk keberhasilan siswa dalam prestasi belajar utamanya di sekolah Fasilitas belajar di sekolah harus sangat di perhatikan karena dapat berdampak terhadap proses belajar mengajar jadi Fasilitas belajar di sekolah memang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung. (2) pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung. (3) pengaruh lingkungan belajar dan Fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung dengan sampel 166 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda menggunakan SPSS 16.0 diperoleh t hitung pada variabel Fasilitas belajar di sekolah(X1) sebesar 11.301dengan signifikansi 0 000. Maka t hitung lebih dari t tabel (11.301 1 9746) dan besarnya probabilitas (Sig.) 0 000 kurang dari 0 05. Sehingga H0 ditolak dan koefisien regresi signifikan.Sedangkan t hitung pada variabel Fasilitas belajar di sekolah(X2) sebesar 8.559dengan signifikansi 0 00. Maka t hitung lebih dari t tabel (8.559 1 9746) dan besarnya probabilitas (Sig.) 0 00 kurang dari 0 05. Sehingga H0 ditolak dan koefisien regresi signifikan. Dari data Anova diketahui Fhitung 354.912 dengan signifikansi 0 000. oleh karena probabilitas (0 000) lebih kecil dari 0 05 atau 0 000 0 05 dan Fhitung lebih dari Ftabel (354.912 4 75) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) Di harapkan pihak sekolah memperhatikan lingkungan belajar siswa-siswinya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya dan lebih meningkatkan lagi Fasilitas belajar di sekolahdi sekolah sehingga siswa-siswi dapat melakukan kegiatan belajar secara nyaman di sekolah. (2) Bagi siswa yang prestasi belajarnya kurang diharapkan selalu berusaha meningkatkan prestasi belajar dan di harapkan lebih memperhatikan tempat lingkungan belajar dan bisa menggunakan Fasilitas belajar di sekolah sesuai dengan kebutuhan pelajaran di sekolah (3) Untuk melengkapi hasil penelitian ini perlu mengadakan penelitian kembali untuk sampel yang lebih luas lagi dan menghubungkan variabel lain di luar variabel dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39021

Actions (login required)

View Item View Item