Efektivitas metode pembelajaran kooperatif model TSTS (Two Stay Two Stray) dan TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tumpang / Yudhi Catur Pratomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas metode pembelajaran kooperatif model TSTS (Two Stay Two Stray) dan TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tumpang / Yudhi Catur Pratomo

Pratomo, Yudhi Catur (2011) Efektivitas metode pembelajaran kooperatif model TSTS (Two Stay Two Stray) dan TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tumpang / Yudhi Catur Pratomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil belajar siswa Model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Berbagai usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu dari pendidikan antara lain berbagai pelatihan keterampilan dan peningkatan kualitas guru penyempurnaan kurikulum pengadaan buku dan alat pengajaran perbaikan sarana dan prasarana. Dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan serta diterapkan dalam proses belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah mampu menguasai materi pelajaran dan memilih metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan efektivitas metode pembelajaran kooperatif model TSTS (Two Stay Two Stray) dan TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang dengan pokok bahasan Permintaan dan Penawaran Uang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model TSTS dan siswa kelas X-4 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model TGT. Teknik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan tes (pre-test dan post-test). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil belajar siswa yang diajar dengan model TSTS mengalami peningkatan dari nilai pre-test ke nilai pos-test nya. Kedua hasil belajar siswa yang diajar dengan model TGT juga mengalami peningkatan dari nilai pre-test ke nilai pos-test nya. Ketiga hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif model TSTS lebih efektif dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran model TGT pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Tumpang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39020

Actions (login required)

View Item View Item