Oktavianingsih, Diana (2011) Perbandingan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung pada penerapan strategi pembelajaran kooperatif model group investigation yang dipadukan dengan pola peer tutoring dan model pembelajaran konvensional / Diana Oktavianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil belajar siswa Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Peer Tutoring dan Konvensional. Seiring dengan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan yaitu dengan diterapkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dalam proses belajar mengajar. Diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan adalah dengan cara menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar ekonomi pada pembelajaran kooperatif model group investigation yang di padukan dengan pola peer tutoring hasil belajar ekonomi pada pembelajaran konvensional perbedaan hasil belajar ekonomi pada pembelajaran kooperatif model group investigation yang dipadukan dengan pola peer tutoring dan model pembelajaran konvensional Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan memakai Nonrandomized control-group pretest posttest design. Penelitian ini di lakukan di sekolah MAN 2 Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XD dan XE. Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post test) observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas uji beda dua rata-rata dan uji hipotesis memakai uji t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Model pembelajaran Group Investigation yang dipadukan dengan pola Peer Tutoring lebih bisa meningkatkan hasil belajar siswa dibandengkan dengan model pembelajaran konvensional. Kedua Hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional cenderung lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Group Investigation yang dipadukan dengan pola Peer Tutoring. Ketiga bahwa terdapat Perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung pada pembelajaran kooperatif model Group Investigation yang dipadukan dengan pola Peer Tutoring dan model pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran kooperatif model Group Investigation yang dipadukan dengan pola Peer Tutoring memiliki rata-rata post test lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Group Investigation yang dipadukan dengan pola Peer Tutoring dan model pembelajaran konvensional. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) Sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung pembelajaran model Group Investigation yang dipadukan dengan pola Peer Tutoring seperti bahan ajar daif. (2) Guru diharapkan dapat memberikan variasi model pembelajaran misalnya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Group Investigasi yang dipadukan dengan pola Peer Tutoring. (3) Siswa diharapkan dapat aktif dalam pembelajaran agar mampu bersosialisasi mengemukakan pendapat menghargai pendapat orang lain dan bertanggung jawab. Sehingga mereka termotivasi untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik (4) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dan Tutorial Sebaya yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran kooperatif lainnya yang sebelumnya model pembelajaran tersebut sudah diterapkan secara terpisah dan menggunakan observer yang proporsional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39019 |
Actions (login required)
View Item |