Pengaruh minat belajar dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi-IPS kelas VIII SMP Raden Fatah Batu / Eka Nurinta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi-IPS kelas VIII SMP Raden Fatah Batu / Eka Nurinta

Nurinta, Eka (2011) Pengaruh minat belajar dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi-IPS kelas VIII SMP Raden Fatah Batu / Eka Nurinta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci minat belajar efikasi diri (self-efficacy) prestasi belajar siswa Minat belajar dan efikasi diri (self-efficacy) adalah dua faktor yang mempengaruhi perilaku individu. Siswa yang memiliki minat dan efikasi diri (self-efficacy) tinggi terhadap suatu mata pelajaran di sekolah akan mempengaruhi usaha siswa dalam mencapai hasil pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat belajar dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ekonomi-IPS di SMP Raden Fatah Batu baik pengaruh secara parsial maupun secara simultan. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal komparatif yang bersifat ex post facto. Data penelitian tentang minat belajar efikasi diri (self-efficacy) maupun prestasi belajar siswa berupa data kuantitatif yang berskala interval. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan lembar soal tes prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi-IPS. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar dan efikasi diri (self-efficacy) siswa. Sedangkan data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil pengisian soal tes prestasi belajar oleh siswa pada mata pelajaran Ekonomi-IPS. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data sebagai berikut Pertama dengan melakukan uji t diketahui bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi-IPS memiliki hubungan positif searah dan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu dengan thitung sebesar 4 012. Kedua efikasi diri (self-efficacy) siswa pada mata pelajaran Ekonomi-IPS memiliki hubungan positif searah dan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu ditunjukkan dengan thitung sebesar 4 668. Ketiga dari uji ANOVA atau F test didapat nilai F hitung sebesar 56 483 dengan probabilitas 0 000. Karena probabilitas jauh lebih kecil dari 0 05 maka dapat dikatakan bahwa minat belajar (X1) dan efikasi diri (self-efficacy) (X2) siswa secara bersama-sama dapat berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar serta mampu menjelaskan variasi prestasi belajar siswa (Y) sebesar 55 8%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Minat belajar siswa kelas VIII SMP Raden Fatah Batu pada mata pelajaran Ekonomi-IPS dikategorikan tinggi (2) Efikasi diri (self-efficacy) siswa kelas VIII SMP Raden Fatah Batu pada mata pelajaran Ekonomi-IPS dikategorikan tinggi (3) Prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Raden Fatah Batu pada mata pelajaran Ekonomi-IPS dikategorikan tinggi (4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Raden Fatah Batu pada mata pelajaran Ekonomi-IPS (5) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara efikasi diri (self-efficacy) siswa terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Raden Fatah Batu pada mata pelajaran Ekonomi-IPS (6) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara minat belajar dan efikasi diri (self-efficacy) siswa terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Raden Fatah Batu pada mata pelajaran Ekonomi-IPS. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu bagi guru disarankan untuk mengupayakan pembelajaran Ekonomi-IPS yang efektif dan menarik demi meningkatkan minat belajar dan efikasi diri (self-efficacy) siswa pada setiap pelajaran yang diadakan di sekolah terutama pada mata pelajaran Ekonomi-IPS dan bagi peneliti lain diharapkan mencari variabel lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa untuk diteliti sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan seputar faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar atau varibel lain dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39018

Actions (login required)

View Item View Item