Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu (studi kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang) / Ayu Intan Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu (studi kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang) / Ayu Intan Puspitasari

Puspitasari, Ayu Intan (2011) Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu (studi kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang) / Ayu Intan Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minat Baca Pemanfaatan Perpustakaan Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Karena keberhasilan dunia pendidikan sebagai faktor penentu tercapainya tujuan pembangunan nasional di bidang pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Keberhasilan dalam belajar sebagian besar ditunjang oleh minat baca. Seorang pelajar yang tidak berminat untuk membaca mustahil belajarnya akan berhasil dengan baik. Didukung dengan pemanfaatan perpustakaan yang maksimal akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Perpustakaan merupakan pusat terkumpulnya berbagai informasi dan ilmu pengetahuan baik yang berupa buku maupun bahan rekaman lainnya yang diorganisasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pemakai perpustakaan. Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Tingginya budaya gemar membaca mengakibatkan meningkatnya minat membaca. Minat membaca di tunjukkan dengan keinginan yang kuat untuk melakukan kegiatan membaca. Minat baca dan pemanfaatan perpustakaan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Malang kelas VII. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dan instrument yang digunakan berupa kuisioner dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 105 siswa yang diambil dari jumlah populasi sebanyak 280 siswa. Teknik analisis ini menggunakan analisis deskriptif uji asumsi klasik regresi berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa minat baca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 3.961 dengan signifikansi t 0.000 pada tingkat singnifikansi 0.05. Pemanfaatan perpustakaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dengan diperoleh nilai t sebesar 2.042 dengan signifikansi t 0.044 pada tingkat signifikansi 0.05. Diketahui Secara simultan bahwa minat baca dan pemanfaatan perpustakaan memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F sebesar 13.886 dengan signifikansi F 0.000 pada tingkat signifikansi 0.05. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa minat baca dan pemanfaatan perpustakaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Malang. Saran yang diajukan dari hasil penelitian adalah (1) bagi SMP Negeri 17 Malang diharapkan memperhatikan kebutuhan dan memberikan wawasan serta pemahaman kepada siswa agar siswa dapat memanfaatkan pepustakaan serta fasilitas pendukung kelancaran dalam belajar secara maksimal dalam proses belajar mengajar sehingga kebutuhan belajar untuk pendidikan dapat tercukupi dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) bagi guru SMP Negeri 17 Malang utamanya guru mata pelajaran IPS Terpadu hendaknya selalu memperhatikan perkembangan pendidikan anak didiknya dengan cara lebih memperhatikan perkembangan dan mempertahankan minat belajar dan minat baca peserta didik terutama pada mata pelajaran IPS Terpadu. Serta dalam pemanfaatan perpustakaan di sekolah harus di maksimalkan keberadaannya sehingga para siswa tidak merasa bosan yang setiap hari memberi pelajaran dengan cara ceramah. (3) bagi siswa yang kurang mampu menguasai materi hendaknya menggali lagi minat terhadap bahan bacaan dengan memanfaatkan perpustakaan yang ada di sekolah dapat diketahui kegiatan tersebut diharapkan bisa tetap termotivasi untuk berprestasi dalam belajar. Fasilitas yang ada di sekolah seharusnya dimanfaatkan lebih maksimal lagi oleh siswa. (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai minat baca dan pemanfaatan perpustakaan dengan menambah kajian variabel yang lain karena masih banyak lagi faktor-faktor yang sekiranya dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39016

Actions (login required)

View Item View Item