Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Blitar) / Riyan Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Blitar) / Riyan Agustin

Agustin, Riyan (2011) Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Blitar) / Riyan Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penggunaan LKS Prestasi Belajar. Pendidikan modern menghendaki agar para siswa dilibatkan dalam proses belajar mengajar sehingga siswa tidak hanya mendapatkan materi dari guru tetapi juga usaha sendiri mencari sumber-sumber lain sebagai pengayaan dari ilmu yang diperoleh. Untuk mencapai keberhasilan kualitas belajar mengajar yang diharapkan perlu adanya suatu pendekatan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan kurikulum. Pendekatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran ekonomi seharusnya siswa diposisikan sebagai subyek belajar. Salah satu strategi belajar mengajar efektif dan efisien adalah melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar efektif dan efisien dengan melibatkan langsung siswa dapat memotivasi siswa untuk belajar aktif dan kreatif yaitu dengan menggunakan LKS dalam setiap pelajaran berlangsung. Dengan demikian siswa akan menemukan konsep yang dipelajari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan LKS terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 2 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimental atau eksperimental semu Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XISMAN 2 Blitar sedangkan sampelnya kelas XI IPS 2 cdan X1IPS 3 SMAN 2 Blitar tahun ajaran 2010/2011 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis penelitian yang dipakai adalah uji beda dua rata-rata atau t-test . Meningkatnya prestasi belajar siswa dapat diketahui dari ketuntasan belajar dan hasil kemampuan akhir siswa atau post-test pada matapelajaran ekonomi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dengan menggunakan LKS ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terbukti dengan analisis hasil belajarnya yang dapat dilihat dari ketentuan belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan. Yaitu pada kelas kontrol sebesar 88 3%telah tuntas dan 11 2% tidak tuntas. Sedangkan kelas eksperimen sebesar 97 2% telah tuntas dan 2 8%yang belum tuntas dalam belajar. Sedangkan dari hasil nilai rata-rata kemampuan akhir siswa kelas kontrol 79 88dan kelas eksperimen 85 66. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan LKS lebih baik daripada siswa yang di ajar dengan metode konvensional guru hendaknya menggunakan LKS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa siswa diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi sehingga LKS yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian tentang penggunaan LKS pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan LKS sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39012

Actions (login required)

View Item View Item