Kompetensi pedagogik guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Malang / Dian Justicia - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi pedagogik guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Malang / Dian Justicia

Justicia, Dian (2011) Kompetensi pedagogik guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Malang / Dian Justicia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Proses Pembelajaran Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terus menerus dilakukan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. Tugas dan peran guru semakin berat pada era globalisasi ini seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka dari itu diadakanlah program sertifikasi guru yang bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan guru tentunya guru yang mendapatkan tunjangan sertifikasi ini haruslah guru yang sudah menjalani proses uji kompetensi. Dengan adanya pemberian tunjangan yang diberikan pemerintah kepada guru yang professional diharapkan diimbangi dengan adanya usaha untuk memajukan pendidikan di Indonesia Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi di SMA Negeri 1 Malang (2) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Malang Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Sasaran penelitian ini adalah tiga guru ekonomi di SMAN 1 Malang yang telah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru. Prosedur penelitian dalam penelitian ini adalah observasi awal pelaksanaan penelitian analisis data penarikan kesimpulan data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dokumentasi dan wawancara mendalam. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah wawancara mendalam tentang kompetensi pedagogik guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi di SMAN 1 Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru ekonomi di SMAN 1 Malang sudah cukup baik terbukti mereka semua telah berusaha menerapkan semua indikator yang terkandung dalam aspek-aspek yang ada pada kompetensi pedagogik meliputi (1) penguasaan terhadap karakteristik peserta didik bisa ditempuh melalui berbagai cara seperti melakukan pengamatan tingkah laku (2) persiapan dalam mengajar dimulai dari pengembangan silabus menyusun RPP mempersiapkan media dan menyusun format penilaian (3) cara melaksanakan pembelajaran dikelas disesuaikan dengan yang ada di RPP mulai dari kegiatan awal kegiatan inti daan penutup (4) menggunakan teori dan prinsip pembelajaran yang disesuaikan dengan materi seperti menerapkan pembelajaran kontekstual (5) dalam pemanfaatan media biasa menggunakan internet dan LCD (6) dalam mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik bisa dilakukan dengan memmberikan motivasi dan pengarahan memberikan pelatihan yang berkaitan dengan pelajaran yang diampu bisa juga dengan menerapkan berbagai metode dalam pembelajaran seperti ceramah diskusi Tanya jawab presentasi penugasan dan portofolio (7) dalam berkomunikasi dengan peserta didik diupayakan dua arah (two way traffic communication) dan dengan bahasa yang mudah dipahami (8) penilaian dan evaluasi dilakukan selama proses belajar mengajar berlangsung dan setelah proses usai. Bentuknya bisa melalui tes dan non tes lisan dan tertulis (9) hasil dari evaluasi digunakan untuk mengukur ketercapaian KD sebagai dasar penyusunan nilai rapot dan digunakan untuk perbaikan proses belajar berikutnya (10) upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya ekonomi di SMAN 1 Malang bisa ditempuh dengan berbagai cara seperti mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mengembangkan bahan ajar model pembelajaran dan mengikuti seminar atau diklat. Dari hasil tersebut maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Malang sudah terstruktur dengan baik yaitu diawali dari tahap pendahuluan tahap inti dan tahap penutup (2) kemampuan pedagogik masing-masing guru sudah cukup baik dalam hal kemampuan guru dalam menguasai karakteristik peserta didik persiapan dalam pengembangan kurikulum menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik penggunaan teori dan prinsip pembelajaran pemanfaatan TIK cara mengaktualisasikan potensi peserta didik cara berkomunikasi dengan peserta didik menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Saran yang dikemukakan adalah (1) kepada guru ekonomi hendaknya selalu menerapkan butir-butir kompetensi pedagogic untuk mencapai tujuan pembelajaran (2) kepada pihak sekolah SMAN 1 Malang penelitian ini dapat dijadikan pengembangan dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogic guru di sekolah yang bersangkutan (3) bagi penulis sebagai motivasi untuk belajar dan meningkatkan kreatifitas agar lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39011

Actions (login required)

View Item View Item