Yatimah, Rodatul (2011) Penerapan perpaduan model pembelajaran student teams-achievement division (STAD) dengan strategi pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Brawijaya Smart Shool Malang / Rodatul Yatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Perpaduan Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Problem Based Learning (PBL) Hasil Belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru ekonomi kelas X-2 SMA Brawijaya Smart School Malang diketahui bahwa secara umum minat siswa terhadap pelajaran ekonomi kurang. Selain itu guru lebih sering menggunakan metode konvensional dalam kegiatan pembelajaran padahal penggunaan metode konvensional kurang merangsang siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas X-2 adalah kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang diajarkan oleh guru kurang sehingga hasil belajarnya pun kurang memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa X-2 SMA Brawijaya Smart School Malang semester genap 2010/2011 yang berjumlah 27 siswa dengan materi konsumsi dan investasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan tindakan guru catatan lapangan tes awal siklus tes akhir siklus wawancara dan angket siswa. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X-2 SMA Brawijaya Smart School Malang. Hasil belajar klasikal pre test pada siklus I sebesar 4% dan pada post test sebesar 44%. Hasil belajar klasikal pada pre test siklus II adalah sebesar 8% dan pada post test sebesar 84%. Selain hasil belajar kognitif siswa hasil belajar afektif juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase nilai rata-rata afektif kelas sebesar 60 44% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata afektif kelas sebesar 78 22%. Respon positif diberikan siswa terhadap penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hal ini sesuai dengan jawaban angket siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-2 SMA Brawijaya Smart School Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |