Efektivitas perpaduan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan tipe talking stick dibandingkan dengan metode ceramah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto / Novita - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas perpaduan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan tipe talking stick dibandingkan dengan metode ceramah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto / Novita

Nuriyati, Novita (2011) Efektivitas perpaduan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan tipe talking stick dibandingkan dengan metode ceramah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto / Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Tipe Talking Stick Metode Ceramah Hasil Belajar. Metode pembelajaran Cooperaitve Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan pembelajaran kooperatif yang melatih siswa untuk memahami suatu konsep peramasalahan dengan membaca (reading) dan kemudian mengkomposisikan (composition) dengan cara menyampaikan kesimpulan dari bacaan tersebut dengan bahasa sendiri. Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui penerapan perpaduan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Tipe Talking Stick pada mata pelajarn ekonomi (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan perpaduan metode CIRC dengan tipe Talking Stick pada mata pelajaran ekonomi (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi (4) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan metode CIRC dengan tipe Talking Stick dan metode ceramah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto yan berjumlah 224 siswa. Jumlah sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B sebanyak 63 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan test. Tekhnik analisis yang digunakan yaitu menggunakan nilai rata-rata dan uji-t. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) penerapan perpaduan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Tipe Talking Stick dilakukan dengan enam fase yaitu fase orientasi fase organisasi fase pengenalan konsep fase publikasi fase penguatan dan fase refleksi. (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah diperoleh peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pre test sebsar 57 96 dan nilai rata-rata post test sebesar 72 03. Jika dikonversikan maka pada nilai rata-rata pre test memiliki kriteria cukup dan pada nilai rata-rata post test memiliki kriteria baik. (3) hasil belajar yang diajar dengan menggunakan perpaduan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Tipe Talking Stick diperoleh peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pre test sebesar 59 67 dan nilai rata-rata post test sebesar83 87. Jika dikonversikan maka nilai rata-rata pre test dengan kriteria cukup dan nilai rata-rata post test dengan kriteria sangat baik. (4) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan perpaduan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan tipe Talking Stick dengan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. Hal ini terlihat dari perhitungan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Uji t didapat mean gain value kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa sebesar 14 06 dan standar deviasi sebesar 6 65 sedangkan mean gain value kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa sebesar 24 19 dan standar deviasi sebesar 6 59.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39008

Actions (login required)

View Item View Item