Pengaruh persepsi siswa tentang sistem Moving Class terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa ( pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2010/2011 - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang sistem Moving Class terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa ( pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2010/2011

Lina, Santi Dwi Rosa (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang sistem Moving Class terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa ( pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2010/2011. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Sistem Moving Class Motivasi Belajar Hasil Belajar Pelaksanaan program SBI merupakan tantangan yang tidak mudah yang harus dijalani oleh SMA Negeri 3 Malang. Salah satu model pembelajaran yang dilakukan adalah dengan menerapkan Sistem Moving Class atau kelas berpindah. Sistem Moving Class merupakan salah satu prasyarat yang harus dipenuhi untuk menjadi SBI. Sistem Moving Class yaitu sistem pembelajaran dimana siswa harus berpindah atau bergerak menuju kelas sesuai jadwal pelajarannya pada setiap pergantian jam pelajaran. Dengan adanya Sistem Moving Class maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh positif terhadap perilaku siswa salah satunya nampak dalam motivasi belajar siswa. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa akan berdampak pada hasil belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang Sistem Moving Class terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi secara langsung (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi secara langsung (3) pengaruh persepsi siswa tentang Sistem Moving Class terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi secara langsung (4) pengaruh persepsi siswa tentang Sistem Moving Class terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa secara tidak langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 260 siswa. Sampel sebesar 25% atau 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh langsung dan positif persepsi siswa tentang Sistem Moving Class terhadap hasil belajar siswa (2) ada pengaruh langsung dan positif motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (3) ada pengaruh langsung dan positif persepsi siswa tentang Sistem Moving Class terhadap motivasi belajar siswa (4) ada pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang Sistem Moving Class terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang Sistem Moving Class dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39004

Actions (login required)

View Item View Item