Pengaruh modernitas individu, fasilitas belajar di sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Azizatur Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas individu, fasilitas belajar di sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Azizatur Rahmah

Rahmah, Azizatur (2011) Pengaruh modernitas individu, fasilitas belajar di sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Azizatur Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modernitas Individu Fasilitas Belajar Di Sekolah Perhatian Orang Tua Hasil Belajar Ekonomi Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian sebagai pola-pola respon yang baru berbentuk keterampilan sikap kebiasaan pengetahuan dan kecakapan. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Oleh karena itu untuk menciptakan hasil belajar yang optimal maka perlu diperhatikan faktor atau kondisi yang dapat mempengaruhi proses kegiatan belajar seperti modernitas individu fasilitas belajar di sekolah dan perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh modernitas individu terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang. (2) Pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang. (3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang. (4) Pengaruh secara simultan antara modernitas individu fasilitas belajar di sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersampel 169 siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda menggunakan SPPS diperoleh nilai signifikan t pada variabel modernitas individu (X1) sebesar 0 000 yang menunjukkan probabilitas (Sig.) 0 000 lebih kecil dari 0 05. Sehingga HO ditolak dan koefisien regresi signifikan. Kemudian nilai signifikan t pada variabel fasilitas belajar di sekolah (X2) sebesar 0 001 yang menunjukkan probabilitas (Sig.) 0 001 lebih kecil dari 0 05. Sehingga HO ditolak dan koefisien regresi signifikan. Sedangkan pada variabel perhatian orang tua (X3) nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0 000 yang menunjukkan probabilitas (Sig.) 0 000 lebih kecil dari 0 05. Sehingga HO ditolak dan koefisien regresi signifikan. Dari data Anova diketahui nilai signifikan F (0 000) lebih kecil dari nilai alpha (0 05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis diketahui bahwa sekitar 40 % hasil belajar ekonomi ekonomi dipengaruhi oleh modernitas individu fasilitas belajar di sekolah dan perhatian orang tua sedangkan 60 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel modernitas individu fasilitas belajar di sekolah dan perhatian orang tua yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) Bagi pihak sekolah hendaknya terus meningkatkan kualitas serta kuantitas fasilitas belajar yang ada di sekolah sehingga semua siswa bisa memanfaatkan dengan maksimal ketika kegiatan belajar mengajar. (2) Bagi orang tua hendaknyaselalu memberikan perhatian kepada anak terutama dalam hal pendidikan sehingga akan memacu semangat belajar anak untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu harus ada koordinasi antara orang tua dan sekolah sehingga dapat memantau perkembangan belajar anak di sekolah. (3) Bagi penelitian selanjutnya untuk melengkapi hasil pada penelitian perlu menghubungkan variabel lain di luar variabel yang ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39000

Actions (login required)

View Item View Item