Manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Ar Rohmah Putri Malang / Ulfa Mu'adhatin Qori'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Ar Rohmah Putri Malang / Ulfa Mu'adhatin Qori'ah

Qori'ah Ulfa Mu'adhatin (2018) Manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Ar Rohmah Putri Malang / Ulfa Mu'adhatin Qori'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii RINGKASAN Qoriah U. M. 2018. Manajemen Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Tauhid dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Ar Rohmah Putri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Kata Kunci manajemen tauhid karakter. Pendidikan tauhid merupakan salah satu cabang dalam pendidikan Islam yang menekankan pada pengenalan Allah sebagai Tuhan. Konsep pendidikan berbasis tauhid merupakan salah satu sistem pendidikan di sekolah yang menginternalisasikan muatan-muatan tauhid dalam setiap lini kegiatan pembelajaran peserta didik. Konsep tersebut diterapkan di sekolah yang mencakup seluruh manajemen mulai dari kurikulum proses pembelajaran dan kegiatan peserta didik. SMA Ar Rohmah Putri Malang merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Hidayatullah Malang yang menerapkan sistem dengan konsep pendidikan berbasis tauhid. Konsep tersebut diterapkan dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran peserta didik dimana aturan-aturan yang ditetapkan tetap mengacu pada syari at Islam. Mulai dari aturan seragam penanaman karakter Islam hingga isi pembelajaran yang diarahkan untuk tetap mentauhidkan Allah sebagai Tuhan. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penyusunan kalender akademik dalam mengimplementasikan kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid guna pembentukan karakter peserta didik (2) Penyusunan jadwal pelajaran dalam mengimplementasikan kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid guna pembentukan karakter peserta didik (3) Implementasi pembelajaran berbasis tauhid guna pembentukan karakter peserta didik (4) Hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid guna pembentukan karakter peserta didik (5) Solusi mengatasi hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid guna pembentukan karakter peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui secara mendalam mengenai manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid untuk mampu membentuk karakter peserta didik di SMA Ar Rohmah Putri Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan temuan data dengan menggunakan uji credibility transferbility dependability dan konfirmabilitas. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan beberapa temuan penelitian diantaranya (1) Penyusunan kalender akademik mencakup (a) Disusun maksimal 30 hari sebelum tahun ajaran baru (b) Mengacu pada kalender akademik diknas dengan disesuaikan terhadap karakteristik sekolah berbasis Islam (c) 4 Pembahasan draf kalender akademik dalam rapat bagian departemen pendidikan dan menengah LPI Hidayatullah Malang (d) Pembagian kalender akademik dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran kepada guru dilakukan satu minggu sebelum dimulainya tahun ajaran baru. (2) Penyusunan jadwal pelajaran mencakup yaitu (a)Disusun oleh tim kurikulum (b) Modifikasi mata pelajaran olahraga menjadi kegiatan pandu dan seni budaya menjadi kegiatan PKdB (c) Pembagian jadwal pelajaran dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran dilakukan satu minggu sebelum dimulainya tahun ajaran baru (d) Perubahan jadwal pelajaran untuk kelas 10 setelah tiga bulan pertama. (3) Implementasi pembelajaran berbasis tauhid mencakupyaitu (a) Kegiatan pembelajaran dibagi dua akademik dan diniyah (b)Kegiatan pembuka dilakukan dengan melakukan murojo ah atau membaca Al Qur an dan berdo a bersama serta mengaitkan materi awal dengan muatan tauhid (c) Kegiatan inti berupa penyampaian materi pembelajaran dengan menyelipkan ayat Al Quran dan mengaitkan kegiatan peserta didik sehari-hari dengan muatan tauhid sesuai materi pelajaran (d) Kegiatan penutup dilakukan dengan menyimpulkan materi pembelajaran dengan muatan tauhid dan ditutup dengan berdo a bersama dan salam (e) Penanaman adab berupa adab terhadap guru adab terhadap pembelajaran adab terhadap materi pelajaran dan adab terhadap pribadi (f) Pembiasaan penumbuhan karakter berupa kegiatan infak setiap hari Jum at membaca surah Al Kahfi setiap hari Jum at puasa Senin Kamis dan kejujuran. (4) Hambatan (a)Hambatan dari guru yaitu sulitnya mensinkronisasi materi pembelajaran dengan muatan tauhid (b) Hambatan peserta didik berupa kurangnya motivasi dan merasa bosan karena aktivitas sekolah dan asrama yang padat selain itu juga peserta didik sulit beradaptasi dengan kegiatan sekolah dan asrama terutama peserta didik yang berasal dari luar Pulau Jawa (c) Hambatan sarana prasarana yaitu masih adanya perbaikan dan penyempurnaan fasilitas sekolah serta penggunaan ruang bersama (d) Hambatan yang berasal dari orangtua peserta didik yaitu karena masih adanya orangtua peserta didik yang belum memahami sistem yang diterapkan oleh sekolah atau miss communication. (5) Solusi mengatasi hambatan yaitu (a) Adanya pembinaan secara rutin setiap minggu dan diskusi tim MGMP (b) Pemetaan peserta didik adanya bimbingan belajar dan pemberian motivasi dan semangat belajar saat pembelajaran (c) Melakukan rapat dan koordinasi dengan antar bagian dan unit (d) Menjalin komunikasi dan pemberian pemahaman kepada orangtua peserta didik saat penerimaan rapor atau pada acara kajian oleh yayasan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah Malang diharapkan yayasan atau lembaga senantiasa selalu meningkatkan program dan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik serta melakukan penambahan sarana prasarana yang masih belum ada atau belum lengkap agar kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi seutuhnya. (2) Kepala SMA Ar Rohmah Putri Malang sebaiknya sekolah perlu memberikan perhatian khusus terhadap kondisi guru berkaitan dengan pengembangan profesionalisme guru untuk memberikan pembinaan secara lebih terfokus sesuai dengan mata pelajaran agar kemampuan para guru yang masih memiliki kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis tauhid dapat ditingkatkan. (3) Guru SMA Ar Rohmah Putri Malang diharapkan untuk senantiasa mengembangkan metode pembelajaran yang bervariatif dan lebih kreatif agar para peserta didik lebih aktif dan mampu memahami materi pembelajaran yang disampaikan secara lebih menyenangkan. Sehingga dengan hal tersebut juga mencegah peserta didik agar tidak cepat merasa bosan selama di dalam kelas. (4) Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tambahan tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran terutama manajemen kurikulum berbasis tauhid yang dilaksanakan di setiap lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri sehingga mampu memperluas cakupan referensi untuk mahasiswa. (5) Bagi Ppneliti lain diharapkan dapat dilanjutkan penelitian pada berbagai aspek yang masih belum terungkap berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran di sekolah berbasis Islam sehingga masyarakat dapat mengetahui lebih banyak bagaiamana sistem pembelajaran yang diterapkan dan juga mengetahui beberapa keuntungan yang diperoleh dari sistem tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item