Pengembangan modul pembelajaran IPA kelas VI semester 1 di SD Negeri Petung I Kecamatan Pasrepan tahun ajaran 2012/2013 / Aprilia Siswa Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran IPA kelas VI semester 1 di SD Negeri Petung I Kecamatan Pasrepan tahun ajaran 2012/2013 / Aprilia Siswa Rahmadani

Rahmadani, Aprilia Siska (2013) Pengembangan modul pembelajaran IPA kelas VI semester 1 di SD Negeri Petung I Kecamatan Pasrepan tahun ajaran 2012/2013 / Aprilia Siswa Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) Modul pembelajaran merupakan satuan program belajar mengajar yang terkecil yang dipelajari oleh siswa sendiri secara perseorangan atau mandiri (self-instructional. Tujuan dari penelitian dan pengembngan modul pembelajaran IPA adalah merancang dan menghasilkan modul pembelajaran IPA untuk siswa kelas VI semester 1 di SD Negeri Petung I Kecamatan Pasrepan. Tidak adanya buku penunjang untuk belajar siswa dirumah menjadi pendorong membuat modul pembelajaran IPA materi pokok Pelestarian Makhluk Hidup. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah langkah pengembangan dari Dick Carey. Terdapat 9 langkah dalam model pengembangan Dick and Carey yaitu 1) menganalisis kebutuhan 2) menganalisis pembelajaran 3) menganalisis siswa dalam pembelajaran 4) merumuskan tujuan performansi 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan strategi pembelajaran 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif 9) melakukan revisi. Validasi produk melibatkan ahli media ahli materi dan siswa (audien). Persentase validasi modul ahli media sebesar 85%. Kemudian persentase validasi dari ahli materi sebesar 87%. Persentase validasi modul pembelajaran dari siswa atau audien sebesar 94%. Dengan hasil persentase validasi ahli media ahli materi dan siswa modul pembelajaran IPA kelas VI semester 1 materi pokok Pelestarian Makhluk Hidup sangat valid atau layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Uji coba modul pembelajaran dibagi menjadi 3 yaitu uji coba peseorangan melibatkan 4 orang siswa dengan hasil persentase 100% dan melampaui SKM (64). Uji coba kelompok kecil melibatkan 8 orang siswa hasilnya mendapatkan 6 orang siswa dapat melampaui SKM (64) dengan persentase 75% dan 2 orang siswa yang belum mampu melampaui SKM (64) dengan persentase 25%. Uji coba lapangan melibatkan 29 orang siswa mendapatkan 23 orang siswa melampaui SKM (64) dengan persentase 79% dan 6 orang siswa belum mampu mencapai SKM (64) dengan persentase 21%. Hasil yang diperoleh dari tes hasil belajar menyatakan bahwa modul pembelajaran cukup efektif digunakan pada mata pelajaran IPA kelas VI semester 1 materi pokok pelestarian makhluk hidup di SD Negeri Petung I Kecamatan Pasrepan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item