Pengaruh persepsi siswa tentang komunikasi dan interaksi guru-siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Rohmei Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang komunikasi dan interaksi guru-siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Rohmei Farida

Farida, Rohmei (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang komunikasi dan interaksi guru-siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 8 Malang / Rohmei Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Komunikasi Interaksi Prestasi Belajar Ekonomi Pendidikan merupakan salah satu tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Upaya menciptakan pendidikan yang bermutu dengan meningkatkan keterampilan mengajar guru yang diimbangi dengan proses komunikasi dan interaksi yang baik antara guru dengan siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 8 Malang didapatkan bahwa guru kurang berinteraksi dengan baik dengan siswa kurang mampu menjalin keakraban dengan siswa. Media dan metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik mengikuti pelajaran. Diharapkan dengan komunikasi dan interaksi yang efektif dalam pembelajaran akan mampu meningkatkan pemahaman dan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran demi tercapainya prestasi belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimanakah persepsi siswa tentang komunikasi interaksi dan prestasi belajar ekonomi kelas X di SMA Negeri 8 Malang 2) Adakah pengaruh antara persepsi siswa tentang komunikasi dan interaksi guru-siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 8 Malang secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 306 siswa dan sampelnya sebanyak 75 siswa. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Metode regresi linier berganda digunakan untuk menentukan besarnya pengaruh X1 dan X2 terhadap Y. Hasil penelitian di SMA Negeri 8 Malang menunjukkan bahwa untuk analisis X1 terhadap Y diperoleh nilai sig. 0 000 0 05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang komunikasi guru-siswa dengan prestasi belajar ekonomi. Analisis X2 terhadap Y diperoleh nilai sig. 0 004 0 05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang interaksi guru-siswa dengan prestasi belajar ekonomi. Analisis X1 X2 terhadap Y diperoleh nilai sig. F 0 000 0 05 maka persepsi siswa terhadap komunikasi dan interaksi guru-siswa secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Besar R square adalah 0 545. Hal ini berarti prestasi belajar ekonomi (Y) dapat dipengaruhi oleh faktor komunikasi dan interaksi guru sebesar 54 5% sedangkan sisanya 45 5% disebabkan oleh faktor lain. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa persepsi siswa tentang komunikasi dan interaksi guru-siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang baik secara parsial maupun simultan. Saran penelitian ini 1) Bagi guru hendaknya lebih meningkatkan ii kemampuannya dalam menjalin komunikasi dan interaksi dengan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar khususnya dalam memberikan gambaran sub pokok bahasan materi yang akan dijelaskan sebelum memulai pelajaran mampu memberikan contoh dan ilustrasi yang nyata untuk memperjelas materi mampu menjelaskan istilah-istilah yang sukar dipahami atau dimengerti oleh siswa mampu menggunakan bahasa yang jelas mampu menggunakan berbagai variasi gerakan badan untuk memperjelas materi mengemukakan tujuan/cakupan materi yang akan dibahas menyampaikan langkah-langkah pembelajaran sebelum memulai pelajaran dan menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan mampu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan mampu membimbing siswa disaat siswa mengalami kesulitan belajar. Selain itu guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam memotivasi siswa untuk giat belajar agar siswa mampu meningkatkan kemampuan kognitif afektif maupun psikomotor guna mencapai prestasi belajar yang lebih baik lagi. 2) Bagi peneliti selanjutnya yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menambah variabel yang akan diteliti misalnya faktor internal (minat bakat motivasi dan lainnya) dan faktor eksternal (faktor sosial lingkungan dan lainnya) yang mempengaruhi prestasi belajar sehingga bisa mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38998

Actions (login required)

View Item View Item