Pengembangan bahan ajar ekonomi kelas VII berbasis media komik / Rizky Dwi Putri

Putri, Rizky Dwi (2011) Pengembangan bahan ajar ekonomi kelas VII berbasis media komik / Rizky Dwi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : bahan ajar, komik Pada dunia pendidikan khususnya proses belajar mengajar mempunyai banyak sarana dan materi yang secara representatif dapat membantu tercapai tujuan pembelajaran. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga hasil belajar siswa rendah. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa diantarnya adalah minat belajar dan minat baca siswa yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa, salah satunya melalui media komik. Pengembangan media komik dalam pembelajaran ekonomi dimulai dengan tahap pra produksi meliputi identifikasi kebutuhan yaitu siswa yang bosan dengan materi yang disajikan dalam narasi panjang sehingga diperlukan inovasi bahan ajar yang menarik salah satunya adalah komik. Penulis mengembangkan materi ÔÇ£Tindakan, Motif dan Prinsip EkonomiÔÇØ sesuai dengan KTSP. Pada tahap produksi, dimulai dengan menentukan ide cerita, menyusun karakter tokoh, membuat sinopsis dan skenario hingga tahap pencetakan dan penjilidan. Tahap pasca produksi dilakukan validasi terhadap komik oleh ahli materi dan ahli media untuk kemudian di ujicobakan pada responden. Uji efektivitas komik dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan pretest-posttest design dengan kelompok pembanding menggunakan media audio-visual berupa video berdurasi pendek berkaitan dengan materi ÔÇ£Tindakan, Motif dan Prinsip EkonomiÔÇØ. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Laboratorium UM yang pengambilan sampelnya dilakukan berdasarkan kesetaraan tingkat kemampuan siswa kedua kelompok eksperimen. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa inovasi media pembelajaran yaitu komik (Eko-Naomi ÔÇ£Power BalanceÔÇØ) dan video berkaitan dengan materi ÔÇ£Tindakan, Motif dan Prinsip EkonomiÔÇØ menunjukkan perubahan positif yaitu siswa dapat mencapai nilai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Namun, komik ekonomi terbukti lebih efektif dimanfaatkan sebagai media pembelajaran ekonomi dibandingkan dengan media audio-visual yang dalam penelitian ini adalah video berdurasi pendek hasil unduhan. Oleh karena itu, kalangan pendidikan diharapkan dapat mengembangkan dan memanfaatkan inovasi media pembelajaran sehingga dapat menarik minat belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38997

Actions (login required)

View Item View Item