Implementasi dan prospek pembelajaran ekonomi pada sekolah yang berstatus RSBI ( studi kasus di SMAN 2 Jombang ) / Retnovifbroto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi dan prospek pembelajaran ekonomi pada sekolah yang berstatus RSBI ( studi kasus di SMAN 2 Jombang ) / Retnovifbroto

Retnovifbroto (2011) Implementasi dan prospek pembelajaran ekonomi pada sekolah yang berstatus RSBI ( studi kasus di SMAN 2 Jombang ) / Retnovifbroto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci implementasi dan prospek pembelajaran ekonomi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) Sekolah merupakan pendidikan formal yang cukup berperan bagi perkembangan dan pertumbuhan manusia. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 Pasal 50 ayat 3 menyatakan bahwa Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang Bertaraf Internasional . Tujuan dari pengembangan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional adalah untuk menyiapkan lulusan SMA yang memiliki kompetensi seperti yang tercantum dalam Standar Kompetensi Lulusan yang memenuhi standar lulusan berdaya saing Internasional. Pengembangan proses pembelajaran RSBI tidak hanya di bidang studi IPA tetapi pengembangan proses pembelajaran dilakukan di bidang studi IPS. Pembangunan RSBI dirasa kurang merata dikarenakan lebih berfokus pada bidang studi IPA. Peneliti ingin mengetahui implementasi pembelajaran ekonomi pada sekolah RSBI dan apakah ada prospek kedepannya untuk mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan uraian di atas penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran ekonomi pada sekolah yang berstatus RSBI dan apakah ada prospek kedepannya untuk mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Jombang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian interpretatif fenomenologi yaitu penelitian yang mencoba menjelaskan atau mengungkap makna fenomena di lapangan serta menghimpun data dan menyimpulkan persepsi dari informan. Proses belajar mengajar dalam pelajaran ekonomi pada sekolah yang berstatus RSBI dapat dikatakan sudah sesuai dengan karakteristik RSBI dimana siswa aktif termotivasi oleh cara pembelajaran yang digunakan guru dan di dukung oleh lingkungan sekolah. Sedangkan hal negatif dari implementasi RSBI yaitu kurangnya kreativitas dalam model pembelajaran ketidaksesuaian perangkat pembelajaran dan dalam proses belajar hanya menggunakan satu bahasa. Prospek Pembelajaran Ekonomi Dalam proses pembelajaran dan interaksi sudah baik meskipun ada beberapa keadaan yang harus diperbaiki dalam proses pembelajaran menggunakan bahasa asing percampuran kurikulum pendidikan peningkatan kualitas kemampuan berbahasa asing dan menguasaan media pendukung pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38996

Actions (login required)

View Item View Item